Jum'at, 26/04/2024 05:03 WIB

KPK Gelar Penyuluhan untuk Napi Korupsi di Lapas Sukamiskin

Pemetaan ini diharapkan akan menghasilkan data narapidana yang siap untuk dilibatkan dalam program antikorupsi.

Juru Bicara KPK, Ipi Maryati. Foto: kpk.go.id

Jakarta, Jurnas.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar kegiatan penyuluhan Antikorupsi bagi narapidana perkara korupsi yang sedang menjalani asimilasi di Lapas Sukamiskin, Bandung pada Rabu (31/3). Kegiatan serupa juga akan digelar di Lapas Tangerang pada Selasa (20/4) mendatang.

"Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah para narapidana kasus tindak pidana korupsi yang sedang melaksanakan proses asimilasi dan yang masa tahanannya akan segera berakhir," kata Plt Jubir KPK Ipi Maryati dalam keterangannya, Rabu (31/3).

Ipi mengatakan, penyuluhan ini untuk membangun komunikasi dengan para narapidana kasus tindak pidana korupsi untuk tidak mengulangi perbuatannya dan mau ikut serta berperan aktif dalam upaya pencegahan korupsi, sekembalinya di masyarakat.

Dalam kegiatan ini, KPK menggunakan pendekatan ilmu psikologi untuk memetakan narapidana asimilasi ini. Antara lain dengan menggunakan metode komunikasi dua arah, mengenali kepribadian, analisis gesture, vibrasi suara, goresan tulisan, dan lain-lain.

"Pemetaan ini diharapkan akan menghasilkan data narapidana yang siap untuk dilibatkan dalam program antikorupsi," katanya.

Dikatakan, kegiatan penyuluhan ini sebagai bentuk pelibatan seluruh elemen masyarakat dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi. Tidak ada kelompok masyarakat yang ditinggalkan dalam program pemberantasan korupsi.

"Sebab, seluruh masyarakat berperan serta memberantas korupsi," tegasnya.

KEYWORD :

KPK Antikorupsi Lapas Sukamiskin




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :