Kamis, 25/04/2024 19:19 WIB

Terusan Suez Kembali Normal, Harga Minyak Jatuh

Harga minyak mentah dunia turun pada Selasa (30/3), setelah Terusan Suez dibuka kembali untuk lalu lintas perdagangan jalur laut hari ini.

Industri Rusia di dekat Terusan Suez (Foto: Sputnik)

London, Jurnas.com - Harga minyak mentah dunia turun pada Selasa (30/3), setelah Terusan Suez dibuka kembali untuk lalu lintas perdagangan jalur laut hari ini.

Dikutip dari Reuters, minyak mentah Brent turun US$1,02 atau 1,6 persen menjadi US$63,96 per barel pada 13.34 GMT. Minyak West Texas Intermediate AS turun US$1,16 atau 1,9 persen menjadi US$60,40 per barel.

Sebagaimana diketahui, kapal-kapal mulai bergerak melalui Terusan Suez hari ini, pasca kapal Ever Given memblokade jalur tersebut selama hampir satu pekan. Akibatnya, terjadi penumpukan kapal yang menunggu antrian lewat.

Meredanya kekhawatiran soal pasokan minyak dengan normalnya Terusan Suez, pasar beralih ke pertemuan Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) pada Kamis (1/4) mendatang bersama Rusia, yang dikenal dengan OPEC+.

Arab Saudi siap menerima perpanjangan pemotongan produksi hingga Juni, dan juga siap untuk memperpanjang pemotongan tambahannya sendiri di tengah gelombang terbaru penguncian Covid-19.

"Goyangan yang kita lihat pada harga berarti bahwa OPEC+ kemungkinan akan perlu mengambil pendekatan yang hati-hati sekali lagi," kata bank ING.

"Kami berpandangan bahwa kelompok itu kemungkinan akan menahan tingkat output tidak berubah," sambung dia.

KEYWORD :

Harga Minyak Brent West Texas Intermediate Terusan Suez




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :