Kamis, 25/04/2024 18:37 WIB

KPK Duga Effendy Gazali Usulkan Vendor ke Tersangka Bansos

Hal itu diketahui setelah KPK memeriksa Effendi sebagai saksi pada Kamis (25/3).

Pakar Komunikasi Politik Effendi Gazali di Gedung KPK pada Kamis (25/3).

Jakarta, Jurnas.com - Pakar Komunikasi Politik Effendi Gazali diduga terlibat dalam pusaran kasus suap pengadaan bantuan sosial (bansos) Covid-19 di Kementerian Sosial (Kemensos) tahun 2020 yang menjerat Eks Menteri Sosial Juliari Peter Batubara.

Hal itu diketahui setelah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Effendi sebagai saksi guna melengkapi berkas perkara dari tersangka mantan pejabat pembuat komitmen di Kemensos Matheus Joko Santoso pada Kamis (25/3). Effendy dicecar penyidik mengenai pelaksanaan pengadaan bansos tersebut.

"Effendi Gazali (Wiraswasta) didalami pengetahuannya terkait pelaksanaan pengadaan bansos di Kemensos tahun 2020 antara lain terkait adanya dugaan rekomendasi salah satu vendor yang diusulkan oleh saksi melalui tersangka AW (Adi Wahyono) untuk mengikuti pengadaan Bansos di wilayah Jabodetabek tahun 2020 di Kemensos RI," kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri kepada wartawan, Jumat (26/3).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Effendy terafiliasi dengan CV Hasil Bumi Nusantara yang disebut-sebut menerima kuota paket pengadaan bansos tahap I sejumlah 162.250 kantong dengan nilai kontrak Rp48.675.000.000.

Setidaknya terdapat 109 rekanan penyedia bansos bahan kebutuhan pokok atau sembako untuk wilayah Jabodetabek.Secara total, terdapat 14 tahap paket kontrak yang dikerjakan oleh ratusan rekanan tersebut.

Usai diperiksa penyidik, Effendi Gazali membantah mengetahui CV tersebut. Dia mengklaim bahwa informasi soal keterkaitannya dengan CV Hasil Bumi dan mendapat kuota bansos sudah dikonfirmasi ke penyidik KPK, dan tidak benar adanya.

Namun, Effendi mengakui sempat bertemu dengan tersangka Adi Wahyono saat menjadi moderator dalam seminar nasional riset tentang bansos pada 23 Juli 2020.

KEYWORD :

KPK Menteri Sosial Juliari Batubara Tersangka Korupsi Dana Bansos Covid-19 Effendi Gazali




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :