Jum'at, 19/04/2024 15:06 WIB

Ini Empat Cara Orang Terkaya di Kalsel Habiskan Uangnya

Sebagai orang super kaya dia punya cara unik membelanjakan uangnya yang tak habis-habis itu.

Haji Isam (tengah) bersama Presiden Jokowi. Foto: fajar.co

Jakarta, jurnas.com - Andi Syamsudin Arsyad, salah satu orang terkaya dari Kalimantan Selatan (Kalsel). Hampir semua orang di provinsi ini mengenal sosok crazy rich yang akrab dipanggil Haji Isam ini.

Sebagai orang super kaya dia punya cara unik membelanjakan uangnya yang tak habis-habis itu.

Setidaknya ada empat cara yang dia lakukan sosok filantropi ini untuk menghabiskan uangnya.

Pertama, membangun masjid megah di Jalan Kodeco KM 2,5 Desa Gunung Antasari, Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu.

Orang-orang menyebutnya masjid Al-Falah, Batulicin, diambil dari nama pusat kota Tanah Bumbu.
Masjid ini berwarna putih bernuansa emas di beberapa sisinya. Berarsitektur timur tengah berpadu dengan ornamen khas Kalimantan Selatan.

Masjid dua lantai ini berdiri di tanah seluas 1,6 hektare yang dibangun Jhonlin Group bersama konsultan PT. Graha Cipta Adi Prana dan kontraktor pelaksananya PT. Grici Mas dari Jakarta.

Masjid ini sangat luas dengan parkiran yang mampu menampung ratusan mobil. Di pelatarannya terdapat sebuah kolam ikan cukup besar yang menciptakan suasana segar dan asri

Kedua, membangun Rumah Sakit. Haji Isam juga membangun sebuah rumah sakit berstandar Internasional bernama Marina Permata Hospital‎. Rumah sakit ini berada di Jalan Kodeco KM 03 Gunung Besar Simpang Empat Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Rumah sakit ini berdiri gagah setinggi 3 lantai di area seluas 10.000 meterpersegi, sebagai proyek tahap awal. Peletakan batu pertama oleh Bupati Tanah Bumbu, Mardani H Maming.

Ketiga, mengumrahkan 250 guru. Pada Februari 2018 lalu, sebelum masa pandemi Covid-19, Haji Isam mengumrahkan semua guru SMPN 1 Mentewe, Tanah Bumbu.

Mereka yang diberangkatkan adalah guru-gurunya yang bertugas saat ini, lalu guru-guru yang mengajar tahun 1990 hingga 2000 beserta suami/isteri masing-masing yang seuruhnya berjumlah 250 orang. Selain itu Haji Isam juga menyumbang dana segar untuk sekolahnya sebesar Rp 1,5 miliar.

Keempat, memiliki tim balap. Haji Isam memiliki tim balap bernama Jhonlin Racing Team, yang biasa merumput di kelas Jip Tubular offroad.

Tim ini memiliki homebase dan bengkel berfasilitas komplit, yang dikomandani seorang mekanik bule.
Jhonlin Racing diperkuat lima pembalap, di antaranya Liana Jhonlin, putri Haji Isam.

Dalam setiap kejuaraan yang diikutinya tim ini tampil all out. Pada event Indonesia X-Treme Off Road Adventure Team di Sirkuit Sakura Gunung Goong Tasikmalaya misalnya, tim berciri khas warna kuning ini datang dengan kapal LCT pribadi.

Kapal Landing Craft Tank ini mengangkut 4 unit trailer container, 3 bis motorhomes, 1 crane truck, 1 water truck, 3 truk logistik & spareparts, 4 mobil support operasional, 1 unit ATV, 2 unit UTV dan tentunya 5 unit mobil balap yang akan bertarung di sirkuit.

KEYWORD :

Haji Isam terkaya kalsel




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :