Rabu, 24/04/2024 16:31 WIB

Komisi VI DPR: Impor Beras Diikuti Banjir Air Mata Petani

Banjir beras impor banjir air mata petani Indonesia

Anggota Komisi VI DPR RI Sonny T. Danaparamita

Jakarta, Jurnas.com - Anggota Komisi VI DPR RI Sonny T. Danaparamita mengkritik keras rencana Kementerian Perdagamhan melakukan impor beras sebanyak 1 juta ton.

"Kami akan menolak setiap kebijakan menteri perdagangan yang dapat merugikan negara serta menyengsarakan rakyat," ujar Sonny T. Danaparamita kepada wartawan, Minggu (21/3/2021).

Anggota DPR dari Dapil Jatim III ini menegaskan, impor beras yang telah disampaikan oleh menteri perdagangan akan membawa dampak kesengsaraan bagi para petani.

“Jika dilakukan saat ini, banjir beras impor akan diikuti oleh banjir air mata para petani Indonesia," cetus wakil rakyat dari Fraksi PDI Perjuangan itu.

Ia juga menegaskan bahwa bagi kader PDIP, membela petani dan kaum marhaen adalah fardu ain. Sebab partai adalah jalan memperjuangkan apa yang menjadi amanah rakyat.

Sebagaimana yang disampaikan oleh menteri perdagangan, pemerintah akan mengimpor beras sebanyak lebih dari 1 jta ton. Menurut Lutfi, kebijakan impor beras diambil untuk pemenuhan stok di Bulog.

Kalau berbicara Bulog, tentu Pak Budi Waseso selaku Dirut Bulog yang lebih mengetahuinya. Dan menurut pak dirut, dalam rakor bersama menko perekonomian tidak ada pembahasan soal impor beras. Tapi tiba-tiba Bulog diberi penugasan untuk impor beras.

Sonny menilai seharusnya para menteri atau para pembantu presiden lebih arif dalam berstatemen ataupun mengambil kebijakan. Mereka tidak boleh dengan ego dan kepentingannya masing-masing membuat langkah dan kebijakan yang justru menjauh dari visi, misi, dan program dari Presiden Jokowi.

Data yang ada menyebutkan bahwa kita akan mengalami surplus produksi pada Januari–April 2021 hingga 6 juta ton beras. Namun akibat adanya isu terkait impor beras ini, harga gabah telah mendapatkan tekanan.

"Saya mengingatkan agar Menteri Perdagangan tidak hanya fokus soal impor semata. Masih banyak tugas-tugas lain yang harus diprioritaskan. Menyusun komoditas yang sangat diperlukan oleh pasar internasional dan memperkuat rantai pasok ekspor menurut saya jauh lebih bermanfaat bagi para petani maupun pelaku UMKM kita," pungkas Sonny T. Danaparamita.

KEYWORD :

Impor Beras Menteri Perdagangan Komisi VI DPR RI Sonny T. Danaparamita




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :