Kamis, 25/04/2024 08:05 WIB

BBPLK Medan Gelar Joint Practice Kejuruan Pariwisata

Selama beberapa hari, peserta pelatihan pada program pelatihan tersebut melaksanakan simulasi pelayanan makan siang serta sarapan di workshop Food & Beverage Product BBPLK Medan.

Peserta Joint Practice yang digelar Kejuruan Pariwisata BBPLK Medan. (Foto: Biro Humas Kemnaker)

Medan, Jurnas.com - Kejuruan Pariwisata BBPLK Medan menggelar simulasi pelayanan makanan dan minuman pada hotel bintang 5 melalui kegiatan Joint Practice yang merupakan kolaborasi kegiatan praktek peserta pelatihan program pelatihan Commercial Cookery, Bakery, Commis Pastry, & Restaurant Attendant yang berlangsung selama seminggu, mulai dari tanggal 8 Maret – 16 Maret 2021.

Selama beberapa hari, peserta pelatihan pada program pelatihan tersebut melaksanakan simulasi pelayanan makan siang serta sarapan di workshop Food & Beverage Product BBPLK Medan.

"Hari ini sedang berlangsung joint practice antara beberapa peserta pelatihan dari pelatihan yang berbeda, mulai dari room attendant, cookery, hingga pelatihan pastry di mana mereka berkolaborasi satu sama lain menyuguhkan satu pelayanan yang kita andaikan di sebuah hotel bintang lima," ungkap Kepala BBPLK Medan, Muhammad Ali.

Kegiatan Joint Practice menghadirkan para General Manager Hotel di Kota Medan dan sekitarnya yang tergabung dalam IHGMA antara lain, GM Sibayak Hotel, Santika Dyandra, Reiz Condo, Gran Inna, Hotel, Harper Wahid Hasyim, Ibis Style, Grand Mercure, Four Point By Sheraton, Fave Hotel S Parman, Prime Plaza Kualanamu, Swisbelinn Gajah Mada, Lepolonia By Topotels dan General Manager Aryaduta Medan, Kepala Dinas Tenaga Kerja & Transmigrasi Provinsi Sumatera Utara, APINDO, KADIN, PHRI dan pengurus FKLPI Provinsi Sumatera Utara.

Respon para GM Hotel sangat senang melihat pelayanan yang diberikan oleh para peserta seraya mengingat pengalaman awal memulai karir di dunia perhotelan yang merasakan posisi yang sama yang sedang diperankan oleh para peserta.

“Makanan yang disuguhkan tidak kalah dengan restoran hotel bintang 5. Demikian juga pelayanan yang diberikan sudah menunjukkan standar pelayanan di industri perhotelan. Beberapa catatan perbaikan sangat dimaklumi mengingat pelatihan yang baru dilaksanakan selama 2 bulan. Seiring dengan jam terbang yang bertambah, saya yakin para peserta akan semakin mahir dan tidak tertutup kemungkinan kalian bisa mencapai puncak karir sebagai GM Hotel, sebagaimana yang sudah kami lewati.” ujar GM Hotel Sibayak, Achmad Zulham, yang juga Ketua DPD IHGMA Sumatera Utara.

Kegiatan juga menghadirkan para content creator yang tergabung dalam Komunitas Kreatif Kota Medan. Joint Practice yang berakhir hari ini dihadiri oleh para penggiat media di Kota Medan antara lain Wartawan RRI, Media Sumutku, Harian SIB, WASPADA, Online SIB, Harian G.com, Harian Media 24 Jam, TVRI, Sumut POS, Tribun Medan, TV One, & SmartFM.

Kegiatan Joint Practice dimaksudkan untuk mensimulasikan suasana pelayanan pada hotel bintang 5 sehingga diharapkan para peserta Pelatihan Berbasis Kompetensi BBPLK Medan lebih siap dan pecaya diri untuk bekerja pada sektor pariwisata dan perhotelan.

Kehadiran para stakeholder yang diundang sebagai tamu pada kegiatan Joint Practice bermanfaat dalam memberikan feedback kepada para peserta pelatihan baik dalam hal makanan dan minuman yang dihasilkan maupun pelayanan yang diberikan.

Respon para tamu sangat positif dan mengapresiasi kegiatan ini dan merasakan service excellent ala hotel bintang 5 yang diberikan oleh peserta pelatihan di Kejuruan Pariwisata BBPLK Medan.

KEYWORD :

Kinerja Menteri Tenaga Kerja Kemnaker BBPLK Medan Joint Practice Hotel




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :