Sabtu, 20/04/2024 07:33 WIB

Mendikbud: Mengajar Anak Bukan Cuma Tugas Ibu

Menurut Mendikbud, tugas membimbing anak belajar di rumah seharusnya dibebankan secara merata antara ayah dan ibu.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim (Foto: Muti/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim memberikan perhatian besar terhadap pembelajaran dari rumah. Menurut dia, tugas membimbing anak belajar di rumah seharusnya dibebankan secara merata antara ayah dan ibu.

"Selama ini persoalan mengurus dan mendidik anak seringkali secara tak sengaja dibebankan kepada ibu. Ibu mengelola urusan logistik rumah tangga, dan juga membantu anak belajar. Padahal ayah juga seharusnya memikirkan untuk jadi pengajar utama," kata Nadiem dalam webinar Hari Perempuan Internasional, yang digelar oleh Pusat Pendidikan Karakter Kemdikbud dan Publicis Communication Singapora pada Senin (15/3) kemarin.

Nadiem melanjutkan, seorang ayah seharusnya mengambil peran sebagai pendidik di dalam keluarga. Kesibukan menjadi kepala keluarga, lanjut Mendikbud, bukan menjadi penghalang.

"Jadi harus dari para ayah yang ikut terlibat dan mulai membayangkan ulang tentang apa artinya menjadi pendidik. Seorang ayah yang komitmen akan semua waktu untuk karir, pekerjaan, harus punya watu untuk membimbing anak dalam pendidikan dan pembentukan karakter," sambung dia.

Mendikbud mengatakan, kesibukan dan karir sebagai tulang punggung keluarga kerap kali dijadikan laki-lai untuk menghindari tanggung jawab mendidik anak. Padahal, Mendikbud yakin laki-laki juga bisa menjadi pendidik yang baik.

"Maka saat ini BDR (belajar dari rumah), anak-anak perlu dukungan kondusif dari kedua orang tuanya," tandas Nadiem.

KEYWORD :

Mendikbud Nadiem Anwar Makarim Ayah Pendidik Belajar dari Rumah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :