Sabtu, 20/04/2024 12:41 WIB

Menkes Diingatkan, Lakukan Vaksinasi Secara Cepat dan Masif Sebelum Kadaluarsa

Wakil Ketua DPD RI, Sultan Najamudin dan Jaksa Agung RI, ST Burhanuddin. (Foto: Humas DPD RI)

Jakarta, Jurnas.com - Wakil Ketua DPD RI, Sultan B Najamudin mengingatkan Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin untuk memastikan Vaksin Sinovac segera sampai kepada seluruh unit pelayanan yang ada di Indonesia.

Bukan tanpa alasan, menurut Sultan, vaksin tahap pertama kadaluarsa pada 25 Maret 2021. Maka penting untuk segera melakukan vaksinasi secara cepat dan masif.

"Jika Menkes tidak prima untuk mendistribusikan vaksin hingga ke daerah pelosok, terpencil, hingga terluar Indonesia, maka vaksin kadaluarsa akan sia-sia tidak bisa dimanfaatkan. Maka, untuk memaksimalkannya penting dari pemerintah daerah dapat bekerja sama dengan baik,” kata dia dalam keterangan resmi, Sabtu (14/3).

Mantan Wakil Gubernur Bengkulu itu menyadari, kondisi geografis Indonesia yang berbentuk jajar kepulauan serta ketersediaan industri rantai dingin (cold chain) dalam negeri masih sangat minim. Kedua hal ini menjadi tantangan tersendiri dalam pendistribusian Vaksin yang ada.

Sultan juga blang, skema distribusi vaksin harus tepat sasaran dan mempertimbangkan skala prioritas. Bahwa prioritasnya harus disesuaikan dengan daerah penerima serta klaster masyarakat yang akan mendapatkan vaksin COVID-19. Dua hal itu merupakan salah satu indikator yang dipakai dalam perencanaan vaksinasi.

"Harus ada skala prioritas serta spesimen khusus terhadap pendistribusian Vaksin. Agar tiap tahap vaksin yang datang dapat tepat waktu dan tepat sasaran,” tambahnya.

Terakhir Sultan juga menyampaikan bahwa kesiapan serta kesigapan kita dalam menghadapi bencana apapun akan menjadi tolak ukur profesionalisme dalam birokrasi.

"Generasi kita memang tidak punya pengalaman subjektif terhadap penanganan bencana kemanusiaan dalam bentuk Pandemi. Tapi cara kita dalam menyikapinya akan menunjukkan sejauh mana kualitas birokrasi pemerintah kita. Ini berbanding lurus. Dan Pandemi Covid-19 telah mengajarkan banyak hal yang mesti kita evaluasi sebagai bahan kedepan, terkhusus cara hidup bernegara kita,” tuntasnya.

 

 

KEYWORD :

Warta DPD Pimpinan DPD Vaksin Sinovac Sultan B Najamudin




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :