Jum'at, 19/04/2024 17:44 WIB

Vaksin COVID-19 Novavax Manjur Lawan Corona Varian Inggris

Vaksin itu juga sekitar 86 persen efektif dalam melindungi dari varian virus yang lebih menular yang pertama kali ditemukan dan sekarang lazim di Inggris.

Petugas kesehatan menyiapkan dosis Covishield, vaksin virus corona Covid-19 dari AstraZeneca / Oxford pada 29 Januari 2021 [ISHARA S. KODIKARA / AFP

London, Jurnas.com -  Vaksin COVID-19 Novavax 96 persen efektif dalam mencegah kasus yang disebabkan versi asli virus corona dalam uji coba tahap akhir yang dilakukan di Inggris. Demikian kata pihak perusahaan itu pada Kamis (11/9).

Di sadur dari AFP, tidak ada kasus penyakit parah atau kematian di antara mereka yang mendapat vaksin.

Vaksin itu juga sekitar 86 persen efektif dalam melindungi dari varian virus yang lebih menular yang pertama kali ditemukan dan sekarang lazim di Inggris. Itu sekitar 90 persen efektif secara keseluruhan, menggabungkan data dari orang yang terinfeksi kedua versi virus corona.

Dalam uji coba yang lebih kecil yang dilakukan di Afrika Selatan - di mana para sukarelawan terutama terpapar pada varian lain yang lebih baru dan lebih menular yang beredar luas di sana dan menyebar ke seluruh dunia - vaksin Novavax hanya efektif sekitar 55 persen tetapi masih sepenuhnya mencegah penyakit parah dan kematian.

Hasil dari analisis akhir uji coba Inggris sebagian besar sejalan dengan data sementara yang dirilis pada bulan Januari.

Perusahaan mengharapkan untuk menggunakan data tersebut untuk mengajukan otorisasi peraturan di berbagai negara. Tidak jelas kapan akan meminta otorisasi AS atau apakah regulator akan memerlukannya untuk menyelesaikan uji coba yang sedang berlangsung di Amerika Serikat.

Uji coba di Inggris, yang melibatkan lebih dari 15.000 orang berusia 18 hingga 84 tahun, menilai kemanjuran vaksin selama periode penularan tinggi varian virus Inggris yang sekarang beredar luas.

Efektivitas suntikan dalam uji coba Afrika Selatan menurun menjadi sekitar 49 persen ketika analisis menyertakan data dari peserta HIV-positif.

Novavax mulai mengirimkan data vaksinnya ke Badan Pengatur Obat dan Produk Kesehatan (MHRA) Inggris pada pertengahan Januari, yang akan membantu mempercepat proses persetujuan.

Vaksin tersebut dapat disetujui untuk digunakan di AS secepat Mei jika regulator negara tersebut memutuskan data Inggris cukup untuk membuat keputusan. Bisa memakan waktu beberapa bulan lebih lama jika mereka bersikeras melihat data pertama dari persidangan AS, kepala eksekutifnya mengatakan kepada Reuters awal bulan ini.

Semua pabrik produksi vaksin Novavax harus berfungsi penuh pada April, kata eksekutif dalam panggilan investor Maret. Produsen obat itu mengharapkan memiliki puluhan juta dosis yang ditimbun dan siap dikirim di AS ketika menerima otorisasi, kata CEO Stanley Erck kepada Reuters.

Novavax berencana untuk memproduksi vaksin dua suntikan di delapan lokasi manufaktur, termasuk Serum Institute of India.

Jika diizinkan, itu akan mengikuti tiga vaksin COVID-19 yang sebelumnya disetujui untuk digunakan di Inggris dari Pfizer dan mitranya BioNTech, Moderna Inc dan suntikan AstraZeneca yang dikembangkan dengan Universitas Oxford.

Hasil akhir dari uji coba Novavax memberikan harapan lebih lanjut karena kematian COVID-19 harian melonjak di Inggris, kemungkinan didorong oleh varian Inggris.

KEYWORD :

Vaksin COVID-19 Novavax Inggris Varian Corona Afrika Selatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :