Sabtu, 20/04/2024 13:36 WIB

Wamenag: Isra Miraj Momentum Implementasi Nilai Salat

Isra` Miraj merupakan momentum untuk mengimplementasikan nilai-nilai ibadah salat ke dalam kehidupan sehari-hari.

Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Isra` Miraj merupakan momentum untuk mengimplementasikan nilai-nilai ibadah salat ke dalam kehidupan sehari-hari. Demikian disampaikan Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa`adi.

"Ibadah salat menempati posisi yang sangat utama dalam ajaran Islam. Dalam hadis, salat diibaratkan sebagai tiang agama dan dapat mencegah dari perbuatan keji dan mungkar," kata Wamenag dalam keterangannya pada Kamis (11/3).

"Salat juga dapat mendidik seorang muslim menjadi pribadi yang bersih, jujur, sabar dan disiplin," sambung dia.

Dalam konteks menghadapi Covid-19, lanjut Wamenag, nilai-nilai ajaran salat dapat dijadikan sebagai bekal untuk menanggulangi pandemi.

Menurut dia, salat melatih diri untuk sabar dan disiplin dalam melakukan gerakan kampanye dan edukasi kepada masyarakat, melalui pembiasaan hidup sehat, dan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Melalui peringatan Isra` Miraj kami mengajak seluruh rakyat Indonesia, untuk menggalang solidaritas nasional, menumbuhkan sikap empati dan kepekaan perasaan terhadap musibah (sense of crisis) dengan saling membantu, saling menolong, bekerja sama, dan bahu membahu mengatasi musibah ini dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab, bukan dengan saling menyalahkan dan saling menghujat," ujar Zainut.

Wamenag sekaligus mengimbau kepada para ulama, kiai, habaib, tuan guru dan lainnya untuk ikut mendukung kebijakan pemerintah dalam mengatasi musibah Covid-19. Dia mengatakan, hikmah Isra` Miraj diharapkan dapat memberikan pesan agama kepada masyarakat dengan narasi yang positif dan edukatif.

"Sebaliknya, tidak menyampaikan pesan agama yang dapat menimbulkan kontroversi dan perpecahan di masyarakat. Semoga Allah SWT melindungi bangsa Indonesia dengan segera mengangkat musibah yang sangat berat ini," tutup dia.

 
KEYWORD :

Isra Miraj Wamenag Zainut Tauhid Ibadah Salat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :