Sabtu, 20/04/2024 21:49 WIB

Kementan Tingkatkan Kapasitas SDM Penyuluh dan Petani di Kotawaringin Barat

Kementerian Pertanian (Kementan) terus berupaya meningkatkan kapasitas SDM Pertanian.

Sebanyak 50 orang peserta yang terdiri petani milenial, penyuluh pertanian serta kelompok tani dan gabungan kelompok tani hadir pada kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kecamatan Arut Selatan Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Sabtu (27/2).

Kotawaringin Barat, Jurnas.com - Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Kementerian Pertanian (Kementan) terus berupaya meningkatkan kapasitas SDM Pertanian. Tujuannya untuk mendukung terwujudnya kedaulatan pangan dan peningkatan kesejahteraan petani.

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo mengatakan, peningkatan kualitas SDM menjadi salah satu fokus Kementan. "Salah satu fokus kita adalah meningkatan kualitas SDM. Dengan SDM yang berkualitas tersebut, kita akan meningkatkan pertanian," ujar dia.

Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi juga menyampaikan pentingnya peningkatan SDM. "Jika ingin pertanian maju, majukan dahulu kualitas SDM. Karena SDM yang berkualitas bisa menghadirkan inovasi dan terobosan-terobosan yang dibutuhkan pertanian," katanya.

Salah satu upaya yang dilakukan BPPSDMP adalah menggelar bimbingan teknis (Bimtek), peningkatan kapasitas bagi petani dan penyuluh pertanian. Penyelenggara Bimbingan Teknis adalah SMK-PP Negeri Banjarbaru bekerjasama dengan Komisi IV DPR RI.

Sebanyak 50 orang peserta yang terdiri petani milenial, penyuluh pertanian serta kelompok tani dan gabungan kelompok tani hadir pada kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kecamatan Arut Selatan Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Sabtu (27/2). 

Anggota DPR RI Komisi IV dari Provinsi Kalimantan Tengah, Bambang Purwanto, pada saat pembukaan bimtek mengapresiasi penyelenggaraan Bimtek dan mengatakan.

"Pemerintah atas kesepakatan dengan DPR RI menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Petani dan Penyuluh. Program (Bimtek) ini adalah program aspirasi anggota DPR untuk menjawab berbagai persoalan yang dihadapi oleh rakyat," ujar Bambang Purwanto.

Dari hasil evaluasi, semua peserta mengakui sangat puas selama mengikuti bimtek yang telah diselelenggarakan. Mereka berharap  agar bimtek ini dapat dilaksanakan minimal 2 kali dalam setahun agar dapat mengiringi Pertanian 4.0 dengan materi-materi yang lebih inovatif dan berwawasan global.
 
Hadir pada bimtek aspirasi Komisi IV DPR Kepala SMK-PP Negeri Banjarbaru, Kabid Hortikultura Dinas TPHP Dindin Saripudin, Petugas dari BPTP Kalteng Astri Anto, dan Umming Sente, Pengawas Bibit Ternak BPTU-HPT Pelaihari Isti Damayanti, dan Penyuluh Pertanian Kabupaten Dinas TPHP, Sutaryo.

KEYWORD :

SDM Penyuluh Dedi Nursyamsi Kotawaringin Barat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :