Sabtu, 20/04/2024 04:00 WIB

Komisi VIII DPR Minta Prioritaskan Vaksinasi Covid-19 Calon Jemaah Haji

Komisi VIII DPR meminta pemerintah memprioritaskan calon jemaah haji untuk divaksinasi. Hal itu menyikapi pemerintah Arab Saudi menerapkan kewajiban vaksinasi Covid-19 bagi para calon jemaah haji.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR, Ace Syadzily Hasan

Jakarta, Jurnas.com - Komisi VIII DPR meminta pemerintah memprioritaskan calon jemaah haji untuk divaksinasi. Hal itu menyikapi pemerintah Arab Saudi menerapkan kewajiban vaksinasi Covid-19 bagi para calon jemaah haji.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Syadzily Hasan mengatakan, kebijakan ini harus diikuti dengan memprioritaskan bagi calon jemaah haji Indonesia yang akan berangkat tahun ini untuk segera dilakukan vaksinasi Covid-19.

"Kami, Komisi VIII DPR RI, sebetulnya telah meminta kepada Kementerian Kesehatan RI agar untuk calon jemaah haji tahun 2021 ini agar mendapatkan prioritas untuk dilakukan vaksinasi COVID-19," kata Ace, kepada wartawan, Jakarta, Rabu (3/3).

Komisi VIII DPR, kata Ace, akan membahas bersama pemerintah terkait vaksinasi bagi calon jemaah haji tersebut dalam masa persidangan yang akan datang.

"Kami akan agendakan untuk segera membahas penyelenggaraan haji tahun 2021 dengan terlebih dahulu memprioritaskan vaksinasi bagi calon jemaah haji," katanya.

Menurutnya, keputusan Pemerintah Arab Saudi mewajibkan para calon jemaah haji untuk vaksin Covid-19 merupakan kebijakan yang tepat.

“Kebijakan tersebut merupakan langkah antisipatif agar penularan COVID-19 dalam penyelenggaraan haji betul-betul dapat dilakukan," terangnya.

Diketahui, pelaksanaan haji pada tahun 2020 memang sempat terhambat pandemi Corona. Arab Saudi membatasi hanya 1.000 jemaah dengan kriteria tertentu yang bisa melaksanakan haji demi mencegah penyebaran Covid-19.

"Vaksinasi Covid-19 diwajibkan bagi mereka yang ingin datang melaksanakan haji dan jadi syarat utama izin masuk," tulis laporan dari surat edaran Kementerian Kesehatan Arab Saudi, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (3/3).

KEYWORD :

Warta DPR Komisi VIII DPR Vaksin Covid-19 Jemaah Haji




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :