Sabtu, 20/04/2024 20:59 WIB

Vaksin Novavax Kemungkinan Bisa Digunakan di AS pada Mei

Novavax telah berjanji untuk memberikan 110 juta dosis kepada pemerintah AS pada akhir kuartal ketiga. Itu bisa terjadi paling cepat Juli, kata Erck.

Petugas kesehatan menyiapkan dosis Covishield, vaksin virus corona Covid-19 dari AstraZeneca / Oxford pada 29 Januari 2021 [ISHARA S. KODIKARA / AFP

Maryland, Jurnas.com - Kepala eksekutif Novavax mengatakan pada Senin (1/2), vaksin COVID-19 dapat diizinkan digunakan di Amerika Serikat (AS) pada Mei jika regulator AS mengizinkannya berdasarkan data dari uji coba perusahaan di Inggris, yang dapat diselesaikan  dalam beberapa minggu mendatang .

Namun, dia mengatakan, pembicaraan dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan AS sedang berlangsung dan badan tersebut mungkin meminta Novavax menyerahkan data dari uji coba AS, yang bisa memakan waktu dua bulan lagi untuk menyelesaikannya, mendorong kembali izin AS hingga pertengahan musim panas.

Saham Novavax turun 5,6 persen menjadi US $ 226,85 dalam perdagangan yang diperpanjang setelah awalnya naik menyusul rilis hasil kuartalannya. Sahamnya melonjak sekitar 2.400 persen dari US $ 9,82 pada 21 Januari 2020, ketika perusahaan mengumumkan sedang mengembangkan vaksin melawan virus corona.

Data awal dari uji coba di Inggris yang dirilis pada Januari menunjukkan vaksin itu sekitar 96 persen efektif melawan versi asli virus korona dan sekitar 86 persen efektif melawan varian yang sekarang beredar luas yang pertama kali ditemukan di Inggris.

Novavax sudah dapat memproduksi suntikannya dalam skala besar dan akan dapat memiliki puluhan juta dosis yang ditimbun dan siap dikirim di Amerika Serikat ketika menerima otorisasi, kata Kepala Eksekutif Stanley Erck.

"Ini akan menjadi substansial - dalam puluhan juta atau seratus juta," kata Erck dalam sebuah wawancara.

Novavax telah berjanji untuk memberikan 110 juta dosis kepada pemerintah AS pada akhir kuartal ketiga. Itu bisa terjadi paling cepat Juli, kata Erck.

Pabrik produksi vaksin Novavax semuanya harus berfungsi penuh pada bulan April, kata kepala penelitian Novavax Gregory Glenn pada panggilan konferensi setelah perusahaan melaporkan hasil kuartalan.

"Pada April, Mei, Juni, kami harus menyelesaikan produk pengisian dan finishing sebelum mendapat persetujuan regulasi," kata Glenn.

Pada akhir Januari, Erck mengatakan dia memperkirakan akan memakan waktu beberapa minggu bagi Novavax untuk mengajukan data uji coba Inggris dengan regulator di Inggris Raya, Eropa dan tempat lain.

Suntikan Novavax, jika diizinkan, akan menambah opsi vaksin bagi jutaan orang Amerika yang menunggu imunisasi melawan virus corona.

Vaksin satu dosis Johnson & Johnson pada hari Sabtu menjadi yang ketiga yang memenangkan izin penggunaan darurat AS (EUA). Vaksin yang diproduksi oleh Pfizer dengan mitra BioNTech dan Moderna menerima EUA pada bulan Desember.

Vaksin Novavax adalah rejimen dua dosis seperti Pfizer dan Moderna, tetapi lebih mudah dikirim karena dapat disimpan pada suhu lemari es, daripada dibekukan.

Novavax berjanji untuk memberikan dosis ke Amerika Serikat setelah dianugerahi US $ 1,6 miliar untuk membantu mendanai penelitian, pengembangan, dan produksi vaksin COVID-19. Novavax menyelesaikan pendaftaran percobaannya yang berbasis di AS dengan 30.000 subjek pada Februari. (REUTERS)

KEYWORD :

Vaksin Novavax Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :