Sabtu, 20/04/2024 04:09 WIB

Kerajaan Saudi Belum Jelas, DPR dan Pemerintah Tetap Persiapkan Ibadah Haji

Sampai saat ini belum ada kejelasan soal keberangkatan ibadah haji jamaah Indonesia. Sebab, Pemerintah Kerajaan Arab Saudi belum memberikan kepastian soal proses ibadah haji tahun 2021.
 

Anggota Komisi VIII DPR RI dari F-Golkar, John Kennedy Azis (Foto: KlikPositif.com)

Jakarta, Jurnas.com - Sampai saat ini belum ada kejelasan soal keberangkatan ibadah haji jamaah Indonesia. Sebab, Pemerintah Kerajaan Arab Saudi belum memberikan kepastian soal proses ibadah haji tahun 2021.

Hal itu sebagaimana diutarakan anggota Komisi VIII DPR RI John Kenedy Azis dalam keterangannya, Senin (1/3).

“Jadi, saat ini kita masih menunggu apakah ada keberangkatan haji tahun 2021 ini atau tidaknya,” jelasnya.

John Azis menekankan, meski belum ada kejelasan, Pemerintah dan DPR RI tetap melakukan persiapan-persiapan dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun 2021.

“Kita sedang menunggu, tetapi Pemerintah bersama dengan Komisi VIII DPR akan tetap melakukan persiapan-persiapan atas hal yang diperlukan, beberapa hari lalu kami juga sudah membahas hal ini dengan Kementerian Agama,” ungkapnya.

Politisi Partai Golkar ini menjelaskan, Komisi VIII DPR telah membentuk Panitia Kerja (Panja) Biaya Pelaksanaan Ibadah Haji (BPIH) untuk keberangkatan tahun 2021. 

Ada tiga kemungkinan proses keberangkatan jamaah haji Indonesia, yakni sesuai kuota, pengurangan 50 persen dari kuota atau tidak ada keberangkatan. 

“Kemungkinan pertama itu yang akan berangkat sebanyak 221 ribu orang sesuai dengan kuota jemaah Haji Indonesia, lalu yang kedua bisa saja pengurangan kuota sebanyak 50 persen, dan ketiga bisa saja seperti tahun 2020, yaitu tidak ada,” jelasnya.

Ditambahkan John Azis, pihaknya akan terus berusaha semaksimal mungkin melakukan sosialisasi kepada setiap daerah-daerah, agar tetap semangat dan berdoa.

“Kami dari Komisi VIII gencar lakukan sosialisasi kepada setiap daerah-daerah agar mereka tetap semangat tentu harus ditambah dengan doa supaya ibadah Haji tahun ini dapat terlaksana,” tandasnya.

KEYWORD :

Warta DPR Komisi VIII DPR Ibadah Haji Arab Saudi Golkar John Kennedy Azis




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :