Sabtu, 20/04/2024 20:58 WIB

Kementan-Komisi IV DPR RI Dukung Pengembangan SDM di Dharmasraya

ketahanan pangan adalah kekuatan negara dan bangsa dan pertahanan paling baik dimulai dengan kecukupan pangan, untuk itu pangan tidak boleh bermasalah.

Kementerian Pertanian (Kementan) dengan Komisi IV DPR RI di wilayah Dharmasraya, Jambi.

Dharmasraya, Jurnas.com -  Dalam memenuhi penyediaan pangan perlu didukung SDM pertanian yang tangguh. Untuk mewujudkannya tentunya semua lini diharapkan saling bersinergi agar Ketahanan Pangan dapat terus berlangsung, salah satunya yang dilakukan Kementerian Pertanian (Kementan) dengan Komisi IV DPR RI di wilayah Dharmasraya, Jambi.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengatakan, ketahanan pangan adalah kekuatan negara dan bangsa dan pertahanan paling baik dimulai dengan kecukupan pangan, untuk itu pangan tidak boleh bermasalah.

Sementara itu Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi menyatakan, yang tidak kalah pentingnya, kita harus mampu mencetak SDM yang professional, mandiri, berdaya saing dan memiliki jiwa wirausaha.

Melalui Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Jambi salah satu UPT dibawah BPPSDMP Kementan, sebanyak 50 petani dan penyuluh ditingkatkan kompetensinya.

Dalam kesempatan ini Anggota Komisi IV DPR RI, Hermanto, menegaskan penting nya proses regenerasi dari petani saat ini yang umumnya sudah berumur menuju petani muda atau petani milenial

“Kenapa petani milenial, karena usia petani saat ini sudah beranjak tua, dan harus ada regenerasi untuk meningkatkan produksi. Pertanian sekarang sudah memasuki era sains,teknologi dan agribisnis yang bertujuan untuk menghilangkan kesan bahwa pertanian itu kumuh,kotor dan miskin. Maka dari itu bimtek ini menghadirkan narasumber petani milenial yang sukses, agar menjadi motivasi bagi peserta,” jelas Hermanto, Rabu (24/02).

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Dharmasraya, Darisman, juga menyatakan rasa terimakasihnya kepada Anggota Komisi IV DPR RI, Hermanto, dan kepada Kepala Balai Pelatihan Pertanian Jambi atas terselenggaranya kegiatan bimtek ini. Harapannya setelah diberikan Pelatihan ini Kapasitas Petani dan Penyuluh diwilayah Dharmasraya makin meningkat.

KEYWORD :

Kementan Komisi IV DPR SDM Dharmasraya




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :