Kamis, 25/04/2024 11:45 WIB

Inovasi IPB dan UB Malang Juara Tanoto Student Research Award

Kedua inovasi tersebut ialah `Alat Pendeteksi Kualitas Minyak Goreng Portabel` dari IPB University yang menjuarai kategori teknologi, dan penelitian `Multifungsi Konsorsium Bakteri Kitinolitik dalam Budidaya Tanaman Kedelai` dari UB Malang untuk kategori sains.

Head of Scholarship & Leadership Development Tanoto Foundation, Aryanti Savitri (Foto: Muti/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Dua inovasi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) University dan Universitas Brawijaya (UB) Malang, berhasil menggaet juara dalam kompetisi nasional Tanoto Student Research Award (TSRA) 2021.

Kedua inovasi tersebut ialah `Alat Pendeteksi Kualitas Minyak Goreng Portabel` dari IPB University yang menjuarai kategori teknologi, dan penelitian `Multifungsi Konsorsium Bakteri Kitinolitik dalam Budidaya Tanaman Kedelai` dari UB Malang untuk kategori sains.

Head of Scholarship & Leadership Development Tanoto Foundation, Aryanti Savitri mengatakan, inovasi berperan penting dalam kemajuan bangsa. Melalui inovasi yang berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi, kualitas sumber daya manusia akan meningkat dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Inovasi juga dapat menciptakan efisiensi dalam perekonomian, sehingga produk-produk yang dihasilkan semakin kompetitif.

"Tanoto Foundation sebagai organisasi filantropi yang fokus pada pendidikan, mendorong generasi muda untuk bisa berinovasi dan mengembangkan aplikasi pengetahuan yang mereka dapat di perguruan tinggi untuk menjadi produk yang bisa langsung dimanfaatkan oleh masyarakat," kata Aryanti dalam kegiatan Virtual Media Briefing Tanoto Student Research Award National Competition pada Rabu (24/2).

"Melalui Tanoto Student Research Award ini, kami juga ingin meningkatkan jumlah peneliti di Indonesia, terutama para peneliti muda yang tumbuh dari perguruan tinggi," sambung dia.

Aryanti menjelaskan, TSRA merupakan inisiatif Tanoto Foundation dalam mendukung generasi muda untuk berinovasi melalui penelitian terapan di kampusnya masing-masing serta diharapkan dapat membangun potensi hilirisasi penelitian.

TSRA telah berjalan sejak 2007 dan bermitra dengan IPB University, Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, Universitas Brawijaya, dan Universitas Hasanudin. Tahun 2021 ini, 24 tim finalis TSRA dikompetisikan di tingkat nasional dalam dua kategori yaitu teknologi dan sains.

Rangkaian kegiatan TSRA National Competition, lanjut Aryanti, tidak hanya mencakup perlombaan dan penjurian saja tetapi juga Kuliah `Credit Earning`, yang merupakan aktivitas belajar di luar kampus, di mana mahasiswa mengikuti perkuliahan Metode Penelitian dari IPB University, yang selanjutnya dapat diklaim SKS. Ini adalah salah satu perwujudan komitmen Tanoto Foundation mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

"Untuk sinergitas lebih lanjut dengan program Kampus Merdeka, hari ini kami juga mengundang perwakilan dari dunia usaha dan dunia industri, serta Kedaireka yang merupakan platform baru dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang mempertemukan dunia pendidikan dan dunia usaha," tandas dia.

KEYWORD :

Tanoto Student Research Award TSRA 2021 IPB University Universitas Brawijaya




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :