Kamis, 25/04/2024 22:30 WIB

Kementan-Komisi IV DPR Dorong Regenerasi Petani di Pesisir Selatan

SDM yang berkualitas bisa menghadirkan inovasi dan terobosan-terobosan yang dibutuhkan pertanian.

Acara Bimbingan Teknis Petani dan Penyuluh di Kabupaten Pesisir Selatan di Hotel Anordio, Painan, Senin (22/2/2021). (Foto: Biro Humas Kementan)

Painan, Jurnas.com - Kehadiran petani milenial sangat dibutuhkan untuk meningkatkan produktivitas pertanian. Terlebih saat ini sebagian besar petani sudah berusia lanjut. Sehingga dibutuhkan regenerasi agar proses pembangunan pertanian tetap berlangsung.

Bersama Komisi IV DPR RI, Kementerian Pertanian juga terus mengusahakan regenerasi petani di sejumlah daerah, termasuk Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, peningkatan kualitas SDM menjadi salah satu fokus Kementan.

"Salah satu fokus kita adalah meningkatan kualitas SDM. Dengan SDM yang berkualitas tersebut, kita akan meningkatkan pertanian," ujarnya.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, juga menyampaikan pentingnya peningkatan SDM.

"Jika ingin pertanian maju, majukan dahulu kualitas SDM. Karena SDM yang berkualitas bisa menghadirkan inovasi dan terobosan-terobosan yang dibutuhkan pertanian," ujar Dedi.

Anggota Komisi IV DPR RI, Hermanto, juga mengutarakan hal tersebut dalam Bimbingan Teknis Petani dan Penyuluh di Kabupaten Pesisir Selatan, Senin (22/2/2021).

“Kenapa petani milenial, karena usia petani saat ini sudah beranjak tua, dan harus ada regenerasi untuk meningkatkan produksi. Pertanian sekarang sudah memasuki era sains,teknologi dan agribisnis yang bertujuan untuk menghilangkan kesan bahwa pertanian itu kumuh, kotor dan miskin. Maka dari itu bimtek ini menghadirkan narasumber petani milenial yang sukses, agar menjadi motivasi bagi peserta,” jelas Hermanto.

Bimbingan Teknis bagi Penyuluh dan Petani yang dilaksanakan di Kabupaten Pesisir Selatan, diadakan oleh Balai Pelatian Pertanian (Bapeltan) Jambi, sebagai salah unit pelaksana teknis BPPSDMP Kementerian Pertanian.

Sebanyak 50 petani dan penyuluh yang merupakan petani milenial dari Kabupaten Pesisir Selatan, menjadi peserta Bimtek yang mengambil tempat di Hotel Anordio, Painan.

Kepala Bapeltan Jambi, Zahron Helmy memaparkan tiga program Kementan ke depan pada bimtek tersebut.

“Saat ini ada tiga program utama Kementerian Pertanian kedepan yaitu Ketahanan pangan tetap terjamin, komoditas yang berorientasi ekspor dan menciptakan petani milenial.

“Pertanian tidak cukup dengan lahan yang subur, tapi harus didukung dengan sarana prasarana, teknologi serta SDM yang memadai," tutup Zahron.

KEYWORD :

Mentan Syahrul Milenial Petani SDM Pesisir Selatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :