Rabu, 24/04/2024 15:58 WIB

Pemimpin Hong Kong Carrie Lam Disuntik Vaksin COVID-19 Sinovac China

Lam mengenakan kaos putih saat menerima vaksin pertama di sebuah pusat yang didirikan di perpustakaan pusat Hong Kong.

Vaksin Covid-19 Sinovac (Foto: ABC)

Hong Kong, Jurnas.com - Pemimpin Hong Kong, Carrie Lam menerima vaksin Sinovac China pada Senin (22/2) bersama dengan pejabat tinggi di acara televisi langsung untuk meningkatkan kepercayaan publik menjelang peluncuran vaksin di pusat keuangan global minggu ini.

Sinovac adalah vaksin COVID-19 pertama yang diperkenalkan di Hong Kong, sebelum vaksin Pfizer-BioNTech akan tiba di wilayah administratif khusus China sebelum akhir Februari.

Disadur dari Reuters, Lam mengenakan kaos putih saat menerima vaksin pertama di sebuah pusat yang didirikan di perpustakaan pusat Hong Kong. Jajaran kabinetnya termasuk Sekretaris Kesehatan Sophia Chan dan Sekretaris Utama Administrasi Matthew Cheung juga ikut divaksin.

Lam mengimbau semua warga untuk minum vaksin selama konferensi pers setelah vaksinasi. "Ini membutuhkan kolaborasi penuh dari rakyat Hong Kong untuk membantu masyarakat Hong Kong pulih secepat mungkin."

Menteri Kesehatan Chan mengatakan kepada Reuters bahwa pemerintah berusaha meyakinkan warga yang khawatir tentang penggunaan Sinovac, menyatakan bahwa standar belum diturunkan untuk menerima vaksin dan bahwa tidak ada tekanan dari Beijing agar disetujui.

Satu juta dosis vaksin Sinovac tiba dari Beijing di bekas koloni Inggris pada hari Jumat. 7,5 juta penduduk Hong Kong bisa mendapatkan vaksinasi mulai 26 Februari setelah mendaftar secara online.

Warga akan diizinkan memilih jenis vaksin, kata pemerintah.

Sentimen anti-daratan telah meningkat di Hong Kong sejak 2019 ketika pengunjuk rasa turun ke jalan untuk berdemonstrasi menentang apa yang mereka lihat sebagai penguatan Beijing atas wilayah tersebut.

Sebuah survei Januari oleh Universitas Hong Kong menemukan bahwa kurang dari 30 persen orang yang ditanyai mengatakan mereka akan menerima vaksin Sinovac.

Hong Kong telah mendapatkan total 22,5 juta dosis vaksin COVID-19 dari Pfizer, Sinovac dan AstraZenca. Kota ini telah mencatat sekitar 10.800 kasus sejak Januari lalu dan 197 kematian.

KEYWORD :

Hong Kong Carrie Lam Vaksin COVID-19 Sinovac China




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :