Rabu, 17/04/2024 06:55 WIB

Biden-Trudeau akan Gelar Pertemuan Bilateral Pekan Depan

Gedung Putih mengatakan Biden dan kabinetnya juga akan bertemu secara virtual dengan para menteri Kanada mengenai berbagai masalah bilateral dan global.

Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden. Foto oleh John Angelillo / UPI

Washington, Jurnas.com - Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden akan mengadakan pertemuan bilateral pertamanya dengan Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau pada Selasa (23/2).

Disadur dari Reuters, pertemuan tersebut, yang akan berlangsung virtual itu bertujuan untuk meningkatkan kolaborasi terkait kekhawatiran bersama di saat hubungan antara sekutu dekat telah tegang oleh keputusan Biden untuk memblokir pipa Keystone XL yang didukung Kanada.

Dalam sebuah pernyataan pada Sabtu, Gedung Putih mengatakan Biden dan kabinetnya juga akan bertemu secara virtual dengan para menteri Kanada mengenai berbagai masalah bilateral dan global.

"Ini akan menjadi kesempatan bagi kedua pemimpin untuk meninjau upaya bersama di bidang kepentingan bersama seperti tanggapan COVID-19, perubahan iklim, dan hubungan ekonomi yang mengikat negara kita, serta ikatan antar masyarakat yang dalam yang kita miliki bersama," kata juru bicara Gedung Putih Jen Psaki.

"Presiden (Biden, Red) akan menyoroti kemitraan yang kuat dan mendalam antara Amerika Serikat dan Kanada sebagai tetangga, teman, dan Sekutu NATO," sambung dia.

Trudeau menyebut hubungan AS-Kanada sebagai salah satu persahabatan terkuat dan terdalam antara dua negara. "Itu dibangun di atas nilai-nilai bersama, ikatan yang kuat antara orang-orang kami, dan geografi bersama ... Kami akan bekerja sama untuk mengakhiri pandemi COVID-19 dan mendukung orang-orang di kedua negara kami," katanya dalam sebuah pernyataan.

Trudeau adalah pemimpin dunia pertama yang memberi selamat kepada Biden ketika dia dinyatakan sebagai pemenang pemilihan AS November dan pelukannya yang cepat menggambarkan sejauh mana Kanada berharap untuk membalik halaman di era Donald Trump.

Biden kemudian tweeted bahwa dia berharap untuk "Memperbarui persahabatan yang kuat antara AS dan Kanada dan bekerja untuk mengatasi tantangan bersama yang kita hadapi."

Sementara Biden kadang-kadang memiliki panggilan panjang dengan beberapa pemimpin asing, pertemuan minggu depan melangkah lebih jauh dengan memperluas pertemuan tingkat bawah antara menteri Kabinet, seperti halnya interaksi dengan Meksiko dan beberapa sekutu Eropa.

Biden mencabut izin untuk pipa Keystone, yang akan mengangkut 830.000 barel minyak mentah berat intensif karbon per hari dari Alberta Kanada ke Nebraska, pada hari pertamanya menjabat bulan lalu, sebagai bagian dari pesanan eksekutif yang bertujuan untuk mengekang perubahan iklim. .

Trudeau mengatakan bulan lalu Kanada akan mencari pengecualian untuk upaya AS untuk memastikan agen federal membeli barang-barang produksi Amerika. Langkah AS dapat merugikan Kanada, mengingat betapa erat integrasi ekonomi kedua negara.

Kedua negara berada dalam kebuntuan bersama dengan China setelah Kanada menahan Meng Wanzhou, kepala keuangan Huawei Technologies China atas surat perintah penangkapan AS. Beijing menahan dan mendakwa dua warga Kanada dengan spionase setelah penahanan Meng, yang masih dalam tahanan rumah.

KEYWORD :

Amerika Serikat Joe Biden Pertemuan Bilateral Kanada Justin Trudeau




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :