Kamis, 25/04/2024 10:56 WIB

Untar Gelar Konferensi Internasional ICASTE dan ICEBSH

Rektor Untar, Agustinus Purna Irawan mengatakan, konferensi yang berlangsung selama dua hari ini diselenggarakan secara virtual mengingat seluruh dunia berada di tengah pandemi Covid-19.

Rektor Universitas Tarumanagara (Untar) Agustinus Purna Irawan (Foto: Muti/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Universitas Tarumanagara (Untar) bekerja sama dengan Universitas Tunku Abdul Rahman Malaysia, menggelar konferensi internasional International Conference on Applied Science, Technology, and Engineering (ICASTE) dan International Conference on Economics, Business, Social, and Humanities (ICEBSH) pada Rabu (17/2).

Rektor Untar, Agustinus Purna Irawan mengatakan, konferensi yang berlangsung selama dua hari ini diselenggarakan secara virtual mengingat seluruh dunia berada di tengah pandemi Covid-19.

"Namun dengan melihat betapa antusiasnya peserta untuk bergabung dalam kegiatan ini, menjadi bukti yang jelas bahwa pandemi Covid-19 tidak meruntuhkan hati dan semangat kita," kata Agustinus dalam pembukaan ICASTE dan ICEBSH 2021.

Tahun ini, konferensi ICASTE mengambil tema `Pengembangan dan Pemanfaatan Teknologi untuk Mendukung Kehidupan Masyarakat di Era Adaptasi Baru`. Sedangkan ICEBSH bertemakan `Membentuk Hubungan yang Sehat dan Kemampuan Berpikir di Era Teknologi Informasi.

Menurut Agustinus, kedua tema ini tidak hanya relevan dan penting, namun juga dibutuhkan oleh masyarakat yang terdampak oleh pandemi Covid-19.

"Harapannya, kegiatan ini dapat menjadi forum pertukaran pengetahuan dan pengalaman dari para praktisi dan akademisi di bidang masing-masing, khususnya di bidang ilmu sosial, kebudayaan, teknologi, dan enjiniring," terang Agustinus.

"ICASTE dan ICEBSH juga momentum untuk mendiskusikan bagaimana sains dan teknologi berkontribusi dalam menyelesaikan masalah pandemi Covid-19, yang berdampak pada seluruh sektor di hidup kita," sambung dia.

Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Tarumanagara, Jap Tji Beng menyebut menekankan konferensi ini tidak hanya sekadar untuk diseminasi pengetahuan, melainkan ajang untuk mulai berkolaborasi dalam hal pengembangan pemanfaatan teknologi di era adaptasi baru.

"Kita perlu mengembangkan pengetahuan dan pengalaman kita secara kolektif tentang teknologi informatika, yang artinya kita harus melakukan kolaborasi," kata Jap Tji Beng.

Sementara itu, Ketua Panitia ICASTE 2021 Titin Fatimah melaporkan, sebanyak 179 paper akan dipresentasikan dalam kegiatan ICASTE, dan 243 papar ikut serta dalam ICEBSH.

"Terima kasih atas partisipasinya. Semoga konferensi ini dapat menghimpun berbagai pemikiran yang positif, juga menjadi forum bagi praktisi, pemerintah, akademisi, dan ahli untuk berbagi pengalaman," tutup Titin.

KEYWORD :

ICASTE dan ICEBSH Universitas Tarumanagara Untar Konferensi Internasional




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :