Jum'at, 19/04/2024 11:04 WIB

Fraksi PKB Dorong Pemerintah Buka Ruang Dialog dengan Masyarakat Papua

Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyambut baik usulan mantan Komisioner Komnas HAM, Natalius Pigai soal Undang Undang Otonomi Khusus (Otsus) Papua.

Anggota Komisi II DPR RI dari F-PKB, Yanuar Prihatin (Foto: Net)

Jakarta, Jurnas.com - Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyambut baik usulan mantan Komisioner Komnas HAM, Natalius Pigai soal Undang Undang Otonomi Khusus (Otsus) Papua.

Hal itu sebagaimana diutarakan anggota DPR RI dari Fraksi PKB, Yanuar Prihatin kepada Jurnas.com, Rabu (17/2).

Menurutnya, Natalius dalam silaturrahim yang ikut dihadiri Ketua Fraksi PKB, Cucun Ahmad Syamsurijal mengusulkan agar pemerintah bisa membuka ruang dialog dengan masyarakat Papua guna menyelesaikan sejumlah persoalan yang terjadi di bumi cendrawasih.

“Natalius Pigai mengusulkan agar pendekatan yang pernah dilakukan Presiden Gus Dur untuk penyelesaian masalah di Papua agar dirintis kembali oleh pemerintah pusat. Gus Dur menekankan pentingnya pendekatan kemanusiaan dan kultural berbasis pada kebhinekaan, demokrasi dan kebangsaan,” terang Yanuar.

Kepada Fraksi PKB, masih kata Yanuar, Natalius juga curhat soal  Papua/" style="text-decoration:none;color:red;font-weight:bold">Otsus Papua yang sudah berjalan selama 19 tahun. 

“Otsus masih belum menyelesaikan sejumlah masalah penting di Papua, seperti akses pendidikan dan kesehatan, kemiskinan yang masih menonjol, harga-harga barang yang masih tinggi, IPM yang masih rendah, dan sebagainya. Situasi ini harus segera diselesaikan,” kata dia menceritakan apa yang disampaikan Natalius.

Natalius, lanjut Yanuar, juga meminta pemerintah pusat agar bisa lebih responsif terkait Papua/" style="text-decoration:none;color:red;font-weight:bold">Otsus Papua. Pemerintah juga diharapkan agar bisa mendengar dari dekat aspirasi dan keinginan masyarakat Papua. 

“Pendekatan yang bersifat konvensional harus diakhiri, dan sudah waktunya membuka dialog yang lebih luas,” sambungnya.

Fraksi PKB, ditambahkan Yanuar, sepakat bahwa masyarakat Papua harus bisa mendapatkan kehidupan yang lebih baik dan bermartabat.

“Saya sendiri berpendapat, usulan Natalius Pigai untuk membuka dialog sangat penting untuk diapresiasi secara sungguh-sungguh.  Masyarakat Papua menghendaki kehidupan yang lebih baik dan bermartabat,” demikian kata Yanuar.

KEYWORD :

Otsus Papua PKB Yanuar Prihatin Fraksi PKB Demokrasi Papua




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :