Sabtu, 20/04/2024 02:27 WIB

Polisi Israel Larang Pedagang Palestina Buka Toko di Yerusalem

Pasukan pendudukan Israel mencegah pemilik toko Palestina di Kota Tua Yerusalem yang diduduki untuk membuka kembali toko mereka meskipun penguncian darurat telah dicabut minggu lalu.

Polisi perbatasan Israel berpatroli di pasar utama Yerusalem selama penutupan sebagai serangkaian langkah untuk memperkuat penguncian COVID-19 [EMMANUEL DUNAND / AFP

Jakarta, Jurnas.com - Pasukan pendudukan Israel mencegah pemilik toko Palestina di Kota Tua Yerusalem yang diduduki untuk membuka kembali toko mereka meskipun penguncian darurat telah dicabut minggu lalu.

Menurut Hijazi Rishiq, ketua Komite Pedagang Yerusalem, tentara Israel berpatroli di pasar lebih dari biasanya, untuk menutup inisiatif apa pun yang bertujuan untuk meningkatkan kehidupan ekonomi Kota Tua dan membantu para pedagang pulih dari keadaan resesi yang disebabkan oleh pandemi.

Produk Domestik Bruto (PDB) Palestina turun 12 persen pada 2020 dibandingkan dengan 2019 akibat pandemi virus corona.
Lebih dari 66.000 karyawan kehilangan pekerjaan mereka mendorong tingkat pengangguran menjadi 27,8 persen.

Hijazi mengatakan hanya sedikit perbaikan telah dilakukan setelah pembukaan kembali ekonomi, diperangi oleh penguncian 42 hari yang diberlakukan bulan lalu karena lonjakan infeksi virus korona di Israel.

Sejak dimulainya wabah virus awal tahun lalu, 641.373 orang di Israel telah didiagnosis dengan virus tersebut, menurut angka Kementerian Kesehatan. Korban tewas mencapai 4.768.

Dia menambahkan bahwa otoritas pendudukan Israel memanfaatkan pandemi virus corona untuk melumpuhkan ekonomi Palestina di Yerusalem.

Lebih dari 50 toko terpaksa tutup di Yerusalem dalam beberapa tahun terakhir sebagai akibat dari tekanan keuangan dan pembatasan pergerakan yang konstan yang membuat menjalankan bisnis menjadi menantang.

Jumlah total karyawan di pasar tenaga kerja turun dari 951.000 pada 2019 menjadi 884,00 pada 2020.

Kritikus memperingatkan bahwa Israel akan berusaha keras untuk mendorong orang-orang Palestina keluar dari Yerusalem karena pentingnya kota itu, tidak hanya memiliki nilai agama, tetapi juga merupakan pusat sejarah, budaya, dan politik kehidupan Palestina.

KEYWORD :

Polisi Israel Kota Tua Yerusalem Pedagang Palestina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :