Selasa, 16/04/2024 20:20 WIB

Ketua Banggar DPR: Keberhasilan Vaksinasi Penentu Pemulihan Ekonomi Nasional

Keberhasilan program vaksinasi menjadi faktor penentu bagi pemulihan ekonomi nasional. Karenanya, program vaksinasi nasional oleh pemerintah harus berjalan sukses.

Ketua Banggar DPR RI, Said Abdullah

Jakarta, Jurnas.com - Keberhasilan program vaksinasi menjadi faktor penentu bagi pemulihan ekonomi nasional. Karenanya, program vaksinasi nasional oleh pemerintah harus berjalan sukses.

Hal itu sebagaimana diutarakan Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR MH Said Abdullah kepada wartawan, Senin (15/2).

“Kita punya kepentingan untuk pulih lebih cepat agar mampu memanfaatkan aliran modal masuk ke pasar dalam negeri, memperkuat fundamental ekonomi, sehingga bisa mendorong pertumbuhan ekonomi lebih tinggi, sebelum badai kembali datang,” jelasnya.

Menurutnya, keberhasilan vaksinasi bisa mempercepat pengendalian penyebaran Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional. Sebaliknya, kegagalan vaksinasi akan membuat Covid-19 semakin tidak terkendali. 

"Pada titik ini kita harus yakin program vaksinasi akan berhasil dengan baik," kata politikus senior Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini.

Dia menjelaskan, momentum keberhasilan pelaksanaan vaksinasi sangat penting bagi akselerasi pemulihan ekonomi nasional. Apalagi sejauh ini, perekonomian nasional sudah melewati masa-masa genting.

Pada triwulan II 2020, pertumbuhan ekonomi terkontraksi hingga -5,32%. Tetapi setelah itu tren pertumbuhan ekonomi terus menunjukkan angka membaik. Bahkan di triwulan III mulai membaik-3,24% dan triwulan IV sebesar -2,19%.

Dengan demikian, secara keseluruhan rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional pada tahun 2020 sebesar -2,07%. Semua indikator jelasnya, kata dia, baik dari sisi pengeluaran maupun dari lapangan usaha menunjukkan ke arah perbaikan.

"Melihat perbaikan tersebut, saya optimis keberadaan vaksin akan semakin mempercepat pengendalian penyebaran Covid-19 sehingga akan semakin mempercepat akselerasi pemulihan ekonomi nasional," tuturnya.

Selain program Vaksinasi, program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) tetap akan berlanjut pada tahun 2021. Ini penting guna membantu masyarakat yang terpapar dampak Covid 19, perlu terus ditingkatkan.

"Kita akan terus mengawal agar program PEN 2021, agar jauh lebih efektif dan efisien dibandingkan tahun 2020. Serapan anggaran untuk program yang kurang efektif, perlu dievaluasi ulang untuk memperkuat program perlindungan sosial dan pemulihan sektor UMKM," tuturnya.

Menurut dia, tantangan pemulihan ekonomi nasional tidak hanya berasal dari dalam negeri, tetapi faktor eksternal juga sangat berpengaruh terhadap perekonomian nasional. Oleh karena itu, program vaksinasi harus sukses.

Keberhasilan vaksinasi dinilainya mampu membangun kepercayaan dunia internasional terhadap kondisi perekonomian nasional, terutama masuknya investasi asing ke dalam negeri.

“Makin cepat pemulihan ekonomi sebuah negara, makin besar peluang negara tersebut mendapat limpahan investasi dan aliran modal masuk,” kata Ketua DPP PDIP Bidang Perekonomian ini.

Beberapa negara menunjukkan keberhasilan penanganan Covid-19 dengan pemulihan ekonomi yang cepat. Contohnya Vietnam dengan kasus Covid-19 paling sedikit di Asia Tenggara.

Pada triwulan IV 2020, Vietnam mampu tumbuh sekitar 4,5%. Tiongkok juga menunjukkan segera pulih dengan pertumbuhan ekonomi pada triwulan IV 2020 sebesar 6,5%

Sementara itu bagi negara-negara yang tingkat penyebaran Covid-19 masih tinggi, pertumbuhan ekonominya masih melambat. Amerika Serikat pada Triwulan IV 2020 masih terkontraksi -2,5%, begitu pula Uni Eropa yang mengalami gelombang kedua Covid-19, kontraksinya makin dalam sebesar -4,8%.

“Kita sangat berkepentingan untuk bisa pulih lebih cepat dibandingkan dengan beberapa negara besar, seperti Amerika Serikat, China dan negara-negara Uni Eropa,” tutur Ketua DPP PDIP Bidang Perekonomian ini.

Menurut dia, hal ini penting lantaran negara-negara emerging market termasuk Indonesia sedang menikmati aliran modal dari pasar Internasional.

Kondisi ini diungkapkannya sebagai dampak kebijakan Bank Sentral Amerika Serikat (AS) yang memberlakukan quantitative easing (QE) dengan melakukan pembelian obligasi besar-besaran, guna menambah likuiditas serta membangkitkan perekonomian AS yang mengalami resesi akibat pandemi Covid-19.

Kendati demikian, dia mengingatkan BI dan Pemerintah perlu waspada terhadap titik balik kebijakan moneter di AS tersebut. Kebijakan QE tidak selamanya akan berlangsung karena akan sangat tergantung dengan kondisi perekonomian AS sendiri.

“Kita perlu mengantisipasi kapan The Fed akan mulai mengurangi QE hingga akhirnya menghentikan, kebijakan tersebut akan memperkuat USD dan membuat mata uang lain terpuruk atau yang dikenal dengan istilah `taper tantrum`,” tuturnya.

Untuk itu, lanjut dia, perekonomian nasional harus segera pulih dan tumbuh lebih tinggi, agar mampu menghadapi tantangan yang lebih berat ke depannya.

“Satu-satunya cara untuk menjawab keraguan Bloomberg terhadap kemampuan vaksinasi yang kita miliki adalah mampu melaksanakan vaksinasi dalam kurun waktu kurang dari dua tahun kedepan, seperti yang sudah direncanakan oleh pemerintah dalam roadmap vaksinasi,” tuturnya.

Mengenai perhitungan Bloomberg yang memprediksi Indonesia membutuhkan waktu kurang lebih 10 tahun untuk mencapai kekebalan kelompok (herd immunity), Said menilai informasi tersebut harus disikapi sebagai peringatan dan motivasi untuk meningkatkan kinerja pemerintah dan semua pihak yang sedang berjibaku menyukseskan vaksinasi ke seluruh masyarakat.

“Kita tentu tidak ingin berpolemik terlalu Panjang dengan perhitungan Bloomberg. Sebagai bangsa berdaulat, kita harus optimis bahwa program vaksinasi ini berhasil,” tandasnya.

KEYWORD :

Warta DPR Banggar Covid-19 Vaksinasi Ekonomi Said Abdullah PDIP




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :