Kamis, 25/04/2024 13:41 WIB

DK PBB Desak Somalia Segera Putuskan Pemilu

Pernyataan itu mendorong para pemimpin untuk mencapai konsensus tentang pengaturan pelaksanaan pemilu inklusif dengan tujuan untuk menahannya secepat mungkin.

Petugas keamanan Somalia mengamankan lokasi ledakan bom mobil saat paramedis menunggu untuk menyelamatkan yang terluka di area Kilometer 4 di Mogadishu. (Foto: Reuters)

New York, Jurnas.com - Dewan Keamanan PBB meminta para pemimpin Somalia segera melanjutkan dialog guna mengatur pemilihan umum baru, berharap untuk menyelesaikan krisis baru di negara yang dilanda kekerasan itu.

Dalam pernyataan yang disetujui dengan suara bulat, 15 negara Dewan Keamanan meminta Somalia untuk segera melanjutkan dialog dan bekerja sama, demi kepentingan rakyat Somalia.

Pernyataan itu mendorong para pemimpin untuk mencapai konsensus tentang pengaturan pelaksanaan pemilu inklusif dengan tujuan untuk menahannya secepat mungkin.

Inggris menyerukan pertemuan tertutup sehari setelah pemerintah pusat dan negara federal Somalia melewatkan tenggat waktu tentang bagaimana melanjutkan pemungutan suara untuk memilih presiden berikutnya.

Karena kebuntuan, oposisi mengatakan tidak lagi mengakui otoritas Presiden Mohamed Abdullahi Mohamed, menambah masalah di negara yang menghadapi pemberontakan Islam yang kejam, invasi belalang dan kekurangan makanan yang serius.

Di Washington, juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price memperingatkan bahwa penundaan dalam pengaturan pemilihan hanya akan meningkatkan risiko ketidakstabilan.

"Sementara ini adalah masalah yang harus diselesaikan oleh orang Somalia, Amerika Serikat memandang pemilihan umum segera sebagai hal yang penting bagi masa depan Somalia. Konsensus dapat dicapai," kata Price kepada wartawan.

Dewan Keamanan juga mengutuk kekerasan baru oleh kelompok militan Shebab dan menegaskan kembali dukungan untuk integritas wilayah Somalia - di mana Somaliland mendeklarasikan kemerdekaan selama perang saudara 1991.

Dewan Keamanan akan bertemu lagi pada 22 Februari untuk memperbarui mandat misi Uni Afrika di Somalia.

KEYWORD :

DK PBB Somalia Pemilu




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :