Sabtu, 20/04/2024 09:49 WIB

Ibas: Bisnis Online jadi Solusi UMKM Saat Pandemi

Bisnis online dapat menjadi solusi tepat bagi pelaku UMKM yang terdampak guncangan sektor ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Ketua Fraksi Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono

Jakarta, Jurnas.com - Bisnis online dapat menjadi solusi tepat bagi pelaku UMKM yang terdampak guncangan sektor ekonomi akibat pandemi Covid-19.
 
Demikian disampaikan Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI, Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas, saat Kundapil bertajuk “Pasar Online Peluang Baru UMKM di Masa Pandemi” melalui virtual, Selasa (9/2).
 
Acara berupa pelatihan bagi para pegiat UMKM dilangsungkan serentak di dua lokasi, yakni Magetan dan Trenggalek. Acara ini dihadiri oleh 100 orang pelaku UMKM. Para peserta yang hadir bergerak di berbagai bidang, seperti alas kaki, tepung tapioka, rumah makan, pakaian, jasa, laundry, hingga kebutuhan rumah tangga.
 
Kata Ibas, meski pandemi Covid-19 berdampak langsung pada sektor ekonomi, bisnis online menjadi salah satu langkah cerdas yang dapat diterapkan UMKM. Menurutnya, sudah saatnya para pelaku UMKM memanfaatkan internet sebagai media pemasaran.
 
“Dengan ilmu bisnis online secara kreatif, pegiat UMKM bisa mendapat pasar yang lebih terbuka, misalkan yang tadinya dipesan dalam jangkauan dekat saja, kini bisa dapat pasar baru yang jangkauannya jauh,” terang Ibas.
 
Ibas menambahkan, sejatinya media daring bisa membuka banyak hal bagi para UMKM. 
 
Di sela-sela sambutan dari Ibas, Ismail yang merupakan salah satu pegiat tapioka dari Magetan menyampaikan aspirasinya. Ismail mengaku senang dengan pelatihan online yang akan diberikan. Akan tetapi, dari pelatihan yang dilakukan, yang mendapat manfaat lebih justru para kaum muda. Sementara, pegiat senior seperti dirinya mengalami kesulitan karena harus belajar dengan pelatihan online.
 
Menanggapi hal ini, Ibas pun memberikan pandangannya tersendiri. Menurutnya, hambatan pasti selalu ada, namun yang berpengaruh pada akhirnya adalah tekad yang kuat.
 
“Kuatkan tekad untuk memulai bisnis online, tanamkan semangat itu dan teguhkan prinsip sukses dalam keberhasilan. InsyaAllah bisa,” tegasnya.
 
Selanjutnya, Ibas yang kini menjabat sebagai Anggota Komisi VI DPR RI ini menyarankan agar UMKM bisa bergabung dalam berbagai kemitraan dan organisasi kewirausahaan. Dengan memperluas kerja sama dan jaringan, UMKM bisa mengadopsi pemanfaatan teknologi dan memiliki pasar yang lebih terbuka.
 
“Keterbatasan waktu, sempitnya tempat usaha, daya beli yang lesu, jaringan teknologi yang belum menyeluruh, dan kendala teknologi pasti tidak mudah diatasi Bapak dan Ibu sekalian,” terangnya.
 
Oleh karenanya, pelatihan UMKM yang akan disampaikan Trigus Dodik Susilo, Owner Paditren (Marketplace Online Trenggalek) diharapkan mampu mengatasi masalah ini. Dirinya juga berharap agar apa yang disampaikan Mas Trigus bisa disimak secara serius guna terserapnya ilmu pemasaran secara teknis yang mudah diaplikasikan para UMKM di Magetan dan Trenggalek. 
 
Diakhir sambutannya, Ibas mengungkapkan bahwa dirinya akan terus mendorong peningkatan program BPUM (Banpres Produktif Usaha Mikro). Sebab, program ini penting untuk rakyat kecil, terutama pelaku UMKM.
 
“Jika UMKM kita sehat dan bangkit, maka ekonomi bangsa kita pun kuat dan pulih,” demikian Ibas.
KEYWORD :

Komisi VI DPR Fraksi Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono Bisnis Online




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :