Sabtu, 20/04/2024 03:57 WIB

Korea Selatan Meluncurkan Tes Covid untuk Kucing dan Anjing Peliharaan

Hewan peliharaan tidak perlu dikirim ke fasilitas isolasi karena tidak ada bukti Covid-19 dapat menyebar antara manusia dan hewan peliharaan.

Kucing dan anjing peliharaan di ibu kota Korea Selatan akan diuji Covid-19 jika menunjukkan gejala. (Foto: bbc)

Jurnas.com - Kucing dan anjing peliharaan di Ibu kota Korea Selatan akan diuji untuk Covid-19 jika mereka menunjukkan gejala, kata pemerintah metropolitan Seoul.

Itu terjadi beberapa minggu setelah Korea Selatan melaporkan kasus Covid-19 pertamanya pada hewan, yakni anak kucing. Hewan peliharaan harus dikarantina di rumah jika dinyatakan positif terkena virus.

Hewan peliharaan tidak perlu dikirim ke fasilitas isolasi karena tidak ada bukti Covid-19 dapat menyebar antara manusia dan hewan peliharaan, kata Park Yoo-mi, seorang pejabat pengendalian penyakit pada konferensi pers virtual, seperti yang dilansir BBC, Selasa (9/2/2021).

Tetapi jika pemilik hewan peliharaan dirawat di rumah sakit karena Covid-19, hewan tersebut akan dikarantina di fasilitas yang dikelola kota.

Ms Park mengingatkan penduduk untuk menjaga hewan peliharaan mereka "setidaknya dua meter dari orang dan hewan peliharaan lainnya saat berjalan-jalan".

Awal bulan lalu, seekor anak kucing yang ditemukan di sebuah fasilitas keagamaan di kota tenggara Jinju ditemukan terinfeksi, menurut berita Yonhap.

Otoritas kesehatan mencurigai bahwa ibu dan putrinya, yang tinggal di fasilitas tersebut, telah menularkan virus kepada anak kucing tersebut.

Keduanya dinyatakan positif Covid-19. Para ahli sebelumnya mengatakan sangat kecil kemungkinannya seekor anjing atau kucing dapat menularkan virus kepada manusia, meskipun penelitian telah menunjukkan bahwa kucing mungkin dapat membawa virus dan menularkannya ke kucing lain.

Secara global, beberapa hewan peliharaan dinyatakan positif terkena virus, meskipun kasus seperti itu umumnya cukup jarang.

KEYWORD :

Korea Selatan Peliharaan Kucing Covid-19




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :