Kamis, 25/04/2024 08:43 WIB

Rapsel Ali Sebut Pelaku Industri Otomotif Kurang Perhatian terhadap Pembalap Tanah Air

 Fakta tersebut harusnya bisa berbanding lurus dengan prestasi olahraga otomotif di Indonesia jika mereka bisa menunjukkan atensi lebih besar.

Anggota DPR RI, Muhammad Rapsel Ali

Jakarta, Jurnas.com - Anggota DPR RI, Muhammad Rapsel Ali mengatakan, perusahaan industri otomotif dalam negeri hanya mengeruk keuntungan tapi tidak terlalu peduli pada pembinaan dan pengembangan prestasi pembalap-pembalap Tanah Air.

Menurut Penasihat Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (PP IMI) itu, Indonesia merupakan pasar otomotif terbesar di dunia, bukan hanya roda dua tapi juga roda empat. Fakta tersebut harusnya bisa berbanding lurus dengan prestasi olahraga otomotif di Indonesia jika mereka bisa menunjukkan atensi lebih besar.

Sentilan ini dilontarkan Muhammad Rapsel Ali pada rapat anggota DPR dengan Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, Selasa, 9 Februari hari ini. Rapsel menegaskan, hal ini sangat tidak adil dan menjadi keluhan pemerhati otomotif, khususnya pengurus IMI.

"Saya selaku Penasihat IMI Pusat dicurhati oleh kawan-kawan di IMI bahwa sudah puluhan tahun industri otomotif mengeruk keuntungan besar di negeri ini. Namun, tidak seimbang dengan pencapaian pembinaan prestasi olahraga otomotif," tegas Rapsel.

"Apa yang dilakukan oleh pelaku industri otomotif ini skopnya hanya kecil. Sekadar untuk branded perusahaannya saja. Atau hanya untuk kepentingan perusahaannya saja," lanjut anggota dewan dari daerah pemilihan Sulsel 1 tersebut.

Menantu Wakil Presiden, Ma`ruf Amin itu pun menyarankan agar segera digelar rapat dengar pendapat dengan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gakindo). Ia percaya bahwa perlu ada kesepakatan yang dibuat dalam rangka mengembangkan olahraga otomotif.

"Oleh karena itu, saya meminta kepada pimpinan mengusulkan untuk mengadakan RDP dengan industri otomotif, baik itu roda dua maupun roda empat sehingga ke depan dapat dicapai kesepakatan-kesepakatan yang mampu meningkatkan pembinaan dan prestasi olahraga otomotif secara berjenjang dan berkesinambungan," ujarnya.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita langsung merespons hal ini. Dia menegaskan bahwa mereka siap hadir dalam rapat dengan Gakindo. "Silakan mengundang Gakindo untuk RDPU bersama," ujar dia.

Selain itu, Agus Gumiwang Kartasasmita juga melontarkan harapannya agar pengurus IMI yang dipimpin Ketua MPR, Bambang Soesatyo atau yang akrab dipanggil Bamsoet bisa menelorkan atlet-atlet beprestasi.

"Peranan organisasi IMI dalam memajukan talenta Indonesia untuk bersaing dalam dunia otomotif internasional sangatlah penting. Selamat kepada Bambang Susatyo sebagai ketua umum pengurus pusat IMI periode 2021/2024 dan semoga IMI mampu mencetak atlet-atlet balap. Tidak hanya di kancah nasional tapi juga internasional," ujar dia.

KEYWORD :

Industri Otomotif Muhammad Rapsel Ali




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :