Jum'at, 19/04/2024 01:40 WIB

Hari Pers Nasional 2021, Kapolri Listyo Datangi KPK

Kadatangan Listyo disambut oleh Ketua KPK, Firli Bahuri. 

Kapolri, Jendral Listyo Sigit saat tiba di Gedung KPK

Jakarta, Jurnas.com - Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah hadir di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia tiba pada pukul 12.50 WIB.

Kadatangan Listyo disambut oleh Ketua KPK, Firli Bahuri. Dimana, Listyo datang bersama jajarannya, yaitu Wakil Kepala Badan Reserse Kriminal (Wakabareskrim) Irjen Wahyu Hadiningrat, Kepala Divisi Propam Irjen Ferdy Sambo, Kepala Divisi Humas Irjen Argo Yuwono.

Listyo pun mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 2021. Dia berharap pemberitaan media memberikan edukasi kepada masyarakat dengan informasi yang baik, sehat. Khususnya terhadap masalah pemberitaan hoaks.

"Dalam kesempatan ini saya ucapkan selamat hari pers rekan-rekan media. Kita harapkan bahwa media sebagai sarana masyarakat untuk memberikan edukasi, penjelasan terkait dengan apa yang terjadi, kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan khususnya di kepolisian, memberikan informasi yang baik, sehat, utamanya terhadap masalah-masalah hoaks. Ini menjadi tantangan kita," kata Listyo Sigit saat tiba di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (9/2).

Dimana, dengan pemberitaan yang baik tanpa hoaks akan memberikan edukasi serta menjaga kelangsungan kecerdasan  masyarakat Indonesia.

"Bagaimana memberikan edukasi, mencerdaskan bangsa yang memberikan pemberitaan yang baik dan menjaga kelangsungan kecerdasan masyarakat kita," ucapnya.

Belum diketahui apa yang akan dibahas Kapolri Listyo bersama Pimpinan KPK. Namun kuat dugaan pertemuan akan membahasa soal penguatan penegakkan hukum dalam hal pemberantasan tindak pidana korupsi.

Listyo Sigit sendiri usai didapuk sebagai Kapolri langsung mengunjungi beberapa lembaga, instansi, dan petinggi negeri, di antaranya PP Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama (NU), Rabithah Alawiyah, dan TNI mulai dari KSAD, KSAU, KSAL, hingga Panglima TNI, Mahkamah Agung (MA), serta Jaksa Agung.

Pertemuan dengan Jaksa Agung ST Burhanuddin dilakukan pada Rabu, 3 Februari 2021. Dalam pertemuan yang digelar di Kantor Kejaksaan Agung (Kejagung), Jakarta Selatan, Kapolri membahas sejumlah hal, salah satunya terkait pelayanan publik secara online.

"Hari ini selaku Kapolri baru saya harus sowan ke beliau tentunya yang pertama silaturahmi, meningkatkan soliditas, sinergitas antara sesama aparat penegak hukum dalam hal ini Polri dan kejaksaan adalah mitra kami dalam hal penuntutan," tutur Listyo di Kantor Kejagung, Jakarta Selatan, Rabu (3/2).

Pembahasan pelayanan publik secara online dimaksudkan supaya dapat terintegrasi dengan baik. Sehingga, melalui satu aplikasi, masyarakat dapat melihat penanganan suatu kasus dan mengikuti perkembangannya.

"Sehingga pada saat masyarakat bagaimana melihat penanganan kasusnya ada satu aplikasi khusus, masyarakat bisa mengikuti seandainya di kepolisian, cukup dengan masuk aplikasi kemudian tidak harus datang karena jarak yang jauh," jelas dia.

Selain itu, penanganan kasus diharapkan ke depannya dapat lebih cepat. Sehingga tidak perlu lagi bolak balik melengkapi berkas perkara yang akhirnya dapat memakan waktu lebih lama.

"Jadi P19 itu cukup satu kali dan setelah itu bisa langsung segera dilengkapi dan berkas-berkas bisa langsung dikembalikan untuk kemudian di-P21 kemudian segera disidangkan," kata Listyo.

KEYWORD :

KPK Listyo Sigit Kapolri Hari Pers nasional 2021




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :