Kamis, 25/04/2024 05:27 WIB

10 Kelurahan di Jaktim Jadi Percontohan Pembangunan 900 Ribu Sumur Serapan

Sepuluh kelurahan di wilayah Jakarta Timur dijadikan sebagai wilayah percontohan program 900.000 sumur resapan dalam rangka mengurangi genangan air dan banjir saat musim hujan

Pemasangan Sumur resapan berbahan plastik

Jakarta, Jurnas.com - Sepuluh kelurahan di wilayah Jakarta Timur dijadikan sebagai wilayah percontohan program 900.000 sumur resapan dalam rangka mengurangi genangan air dan banjir saat musim hujan.

Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar mengatakan sepuluh kelurahan tersebut di antaranya Utan Kayu Utara, Cipinang Cimpedak, Kayu Putih, Penggilingan, Klender, Gedong, Kramat Jati, Bambu Apus, Kebon Pala, dan Kelapa Dua Wetan.

"Perencanaan pembuatan sumur resapan itu turut melibatkan sejumlah ahli tata kelola air dari Masyarakat Pecinta Air Indonesia (MPAI)," kata Anwar.

Selain melibatkan jajaran Sumber Daya Air (SDA), Pemkot Jakarta Timur juga mengajak peran serta pelaku usaha, khususnya perkantoran untuk menggarap kegiatan serupa.

Rintisan drainase vertikal itu saat ini ada di Jalan DI Panjaitan sebanyak dua sumur. Kemudian di Kecamatan Jatinegara mulai dari Kodam Jaya hingga Pasar Gembrong sebanyak 40 sumur.

Anwar mengatakan, drainase vertikal dibuat sedalam 20 meter dengan pipa empat inci di Jalan DI Pandjaitan, depan Kantor Kecamatan Jatinegara.

"Program sumur resapan ini berguna untuk mengurangi genangan air termasuk menjaga kualitas air dan mengantisipasi penurunan permukaan tanah," tuturnya.

 

KEYWORD :

Sumur Serapan Jakarta Timur Pencegahan Banjir




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :