Sabtu, 20/04/2024 10:26 WIB

Politisi Nasdem Irma Suryani Chaniago Sebut Kementan Berhasil Kendalikan Harga Pangan

Nilai PDB sektor pertanian pada kuaratal IV 2020 tumbuh sebesar 2,59 persen (yoy), subsektor pendukung utamanya adalah tanaman pangan, hortikultura dan perkebunan.

Tampak seorang ibu sedang memesan cabai di salah satu pasar (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Politisi Partai Nasdem, Irma Suryani Chaniago mengapresiasi kerja keras jajaran Kementerian Pertanian (Kementan) dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui peningkatan produksi.

Menurut Irma, Kementan di bawah pimpinan Syahrul Yasin Limpo juga berhasil memacu ekspor dan mengurangi impor, sehingga berkontribusi besar terhadap kesejahteraan petani dan nilai PDB.

"Kinerja baik kemetan ini patut kita acungi jempol. Kenapa? sebab di tengah lesunya ekonomi akibat pendemi, Kementan mampu menjaga ketahanan pangan dan mengendalikan harga-harga di lapangan," ujar Irma, Sabtu (6/2).

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat nilai PDB sektor pertanian pada kuaratal IV 2020 tumbuh sebesar 2,59 persen (yoy), subsektor pendukung utamanya adalah tanaman pangan, hortikultura dan perkebunan.

Kata Irma, catatan tersebut menunjukkan bahwa sektor pertanian adalah sektor strategis yang perlu mendapat perhatian utama dari semua pihak.

"Saya kira sudah saatnya sekarang pemerintah berkonsentrasi pada produksi pangan. Apalagi Kementan mampu menjaga sebelas kebutuhan bahan pokok, sehingga berdampak pada stabilitas harga. Ini yang kemudian menjadi basis perhitungan kenaikan PDB," katanya.

 

Sebagai informasi, Kepala BPS Suhariyanto mencatat, peningkatan sektor pertanian dipicu adanya peningkatan luas panen dan produksi padi, jagung, ubi kayu serta cuaca yang mendukung.

"Ada juga komoditas hortikultura yang tumbuh 7,85 persen karena permintaan buah-buahan dan sayuran selama pandemi COVID-19," kata Suhariyanto.

KEYWORD :

Kinerja Pertanian Kementerian Pertanian Syahrul Yasin Limpo Irma Suryani Chaniago




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :