Rabu, 24/04/2024 22:10 WIB

Mesir akan Luncurkan Satelit Akhir 2021

Kairo bekerja sama dengan mitra Jerman dan China akan meluncurkan satelit baru, yang pertama adalah satelit untuk penginderaan jauh dan penelitian ilmiah seberat 65 kilogram. 

Ilustrasi Satelit

Kairo, Jurnas.com - Kepala Badan Antariksa MesirMohammed El-Qousi mengatakan, Mesir sedang mempersiapkan peluncuran satelit pada Desember 2021, di samping proyek lain untuk membangun ilmu luar angkasa di negara tersebut.

Menurut surat kabar Al-Youm Al-Sabea, El-Qousi mengatakan, Mesir memiliki rencana ambisius untuk membangun sistem dan infrastruktur ruang angkasa, serta memperkuat hubungan luar angkasa internasional, mengeksplorasi ruang angkasa dan menetapkan hukum ruang angkasa Mesir

El-Qousi mengatakan bahwa ambisi negaranya dalam ilmu antariksa lebih besar daripada lima satelit yang saat ini ada di orbit.

Kairo bekerja sama dengan mitra Jerman dan China akan meluncurkan satelit baru, yang pertama adalah satelit untuk penginderaan jauh dan penelitian ilmiah seberat 65 kilogram. Satelit ini akan diluncurkan pada Desember tahun ini.

Satelit kedua akan diluncurkan pada Maret 2022 dan digunakan untuk memantau perubahan iklim. Yang ketiga akan diluncurkan pada September 2022 dan digunakan dalam aplikasi sensor, setelah Badan Antariksa Mesir menyelesaikan desainnya bekerja sama dengan China.

El-Qousi mengatakan, di antara tujuan Mesir di tahun-tahun mendatang adalah pembukaan pusat pengumpulan dan pengujian satelit pada akhir September 2022 sebagai salah satu cabang kota luar angkasa.

Menurut media Mesir, ini akan menjadi yang pertama dari jenisnya di dunia Arab.

El-Qousi mengatakan bahwa Kairo sedang mengerjakan proyek dengan Afrika untuk meluncurkan satelit bersama, dengan dukungan dari Uni Afrika dan dengan partisipasi Kenya, Uganda, Ghana, Sudan dan Nigeria.

KEYWORD :

Mohammed El-Qousi Mesir Peluncuran Satelit




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :