Kamis, 25/04/2024 18:57 WIB

Mendikbud: UKBI Adaptif Bukti Pemajuan Bahasa dan Sastra

Nadiem menjelaskan, UKBI Adaptif merupakan instrumen uji untuk mengukur kemahiran berbahasa Indonesia bagi penutur bahasa Indonesia.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim (Foto: Muti/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim meluncurkan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Adaptif pada Jumat (29/1).

Nadiem menjelaskan, UKBI Adaptif merupakan instrumen uji untuk mengukur kemahiran berbahasa Indonesia bagi penutur bahasa Indonesia.

"Pengembangan UKBI Adaptif merupakan bentuk keberhasilan pemerintah dalam pemajuan pengembangan bahasa dan sastra, melalui lompatan dalam hal desain dan layanan uji," terang Nadiem dalam peluncuran virtual.

Nadiem berharap, UKBI Adaptif dapat memberikan dampak positif terhadap penutur bahasa Indonesia dari berbagai kalangan, dalam meningkatkan aspirasi dan memahami serta mempelajari bahasa Indonesia.

"Juga menghasilkan berbagai karya tulis, digital berbahasa Indonesia, dan melibatkan partisipasi aktif membawa Indonesia ke kancah internasional," ujar Mendikbud.

Dalam sambutannya, Nadiem juga mengapresiasi Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, yang berhasil melahirkan sistem UKBI setelah melewati proses uji coba yang melibatkan 2.190 peserta dari seluruh Indonesia.

"Saat ini telah dilakukan banyak inovasi dalam hal pengembangan, pembinaan, dan peningkatan fungsi bahasa Indonesia, yang diharapkan dapat bermuara pada layanan profesional di bidang bahasa dan kesastraan," tandas Mendikbud.

KEYWORD :

UKBI Adaptif Mendikbud Nadiem Anwar Makarim




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :