Jum'at, 19/04/2024 07:16 WIB

Tebang 10.000 Pohon, Israel Rusak Cagar Alam di Tepi Barat

Tentara Israel merusak cagar alam dengan menumbangkan setidaknya 10.000 pohon dalam kampanye militer di Tepi Barat utara

Seorang pria Palestina menunjukkan pohon setelah dihancurkan oleh pasukan Israel di Tubas, Tepi Barat, 27 Januari 2021. [Nedal Eshtayah - Anadolu Agency]

Jakarta, Jurnas.com - Tentara Israel merusak cagar alam dengan menumbangkan setidaknya 10.000 pohon dalam kampanye militer di Tepi Barat utara dalam sebuah tindakan yang oleh Palestina disebut sebagai "kejahatan".

Moataz Bisharat, yang bertanggung jawab untuk memantau aktivitas permukiman Israel di Lembah Jordan, mengatakan bahwa tentara pendudukan mendorong kendaraan militer dan puluhan tentara ke daerah Ainun di kota Tubas pada pagi hari dan menghancurkan cagar alam yang dibangun di atas area tersebut, sekitar 400 dunum (98 hektar).

"Tentara pendudukan menebang dan menghancurkan sekitar 10.000 pohon hutan dan sekitar 300 pohon zaitun," katanya dilansir Middleeast, Jumat (29/01).

Pohon ditanam di cagar alam delapan tahun lalu sebagai bagian dari proyek Penghijauan Palestina yang diawasi oleh Kementerian Pertanian Palestina dan didanai oleh konsulat Venezuela di Palestina.

Bisharat menekankan bahwa pendudukan menuduh bahwa penghancuran cagar alam itu terjadi karena itu digolongkan sebagai zona militer meskipun jaraknya tidak lebih dari 300 meter dari daerah pemukiman dan berfungsi sebagai "jalan keluar" bagi penduduk.

Dalam sebuah pernyataan, Komisi Penjajahan dan Perlawanan Dinding Organisasi Pembebasan Palestina mengatakan Israel telah membentuk unit khusus yang misinya adalah untuk berperang di Lembah Yordania.

"Sebuah aparat keamanan telah dibentuk untuk mengawasi konstruksi dan pertanian di Area C dan telah dilakukan untuk menghapus kehadiran Palestina," bunyi pernyataan itu.

Komisi tersebut menggambarkan insiden itu sebagai kejahatan dan kampanye untuk menghilangkan pohon, bangunan, ternak, dan sumber pendapatan.

Komisi Palestina menyerukan "perlindungan internasional untuk kehadiran Palestina di Area C," menyerukan kepada komunitas internasional untuk menghentikan diskriminasi dalam menangani kejahatan pendudukan Israel

KEYWORD :

Cagar Alam Tepi Barat Militer Israel




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :