Kamis, 25/04/2024 06:06 WIB

Vaksin Pfizer/BioNTech Ampuh Lawan Varian Baru Corona

Pfizer dan BioNTech mengatakan akan merespons jika ada bukti bahwa varian tersebut dapat mengalahkan vaksin mereka saat ini.

Vaksin virus corona baru (COVID-19) buatan Pfizer. (Foto: Reuters)

Paris, Jurnas.com - Perusahaan Pfizer dan BioNTech mengatakan, vaksin virus corona (COVID-19) racikannya efektif melawan varian virus corona yang muncul di Inggris dan Afrika Selatan.

Dalam sebuah pernyataan, kedua perusahaan mengatakan "perbedaan kecil" yang terdeteksi dalam tes yang membandingkan virus asli dan versi terbaru "tidak mungkin mengarah pada pengurangan yang signifikan dalam keefektifan vaksin".

Meski temuan tersebut mengindikasikan tidak perlu vaksin baru untuk mengatasi strain baru, Pfizer dan BioNTech mengatakan akan merespons jika ada bukti bahwa varian tersebut dapat mengalahkan vaksin mereka saat ini.

Keduanya mengatakan akan terus memantau "efektivitas dunia nyata" vaksin mereka, termasuk terhadap strain baru.

"Pfizer dan BioNTech percaya bahwa fleksibilitas platform vaksin mRNA milik BioNTech sangat cocok untuk mengembangkan varian vaksin baru jika diperlukan," kata duanya pada Kamis (28/1) seperti dilansir dari AFP.

Kematian global harian akibat COVID-19 mencapai angka 18.000 untuk pertama kalinya pada Rabu, dengan vaksin dipandang sebagai satu-satunya peluang nyata untuk kembali ke bentuk normal.

KEYWORD :

Vaksin Pfizer Vaksin BioNTech Inggris Afrika Selatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :