Selasa, 23/04/2024 13:40 WIB

Penjualan Menurun, Starbucks Tutup Beberapa Gerai

Penjualan sebanding turun 6% untuk wilayah Amerika, dibandingkan dengan penurunan 5,2% yang diharapkan oleh analis.

Pelanggan duduk di dalam kedai kopi Starbucks di Rio de Janeiro. (Foto: Reuters)

Jurnas.com - Perusahaan Starbucks pada hari Selasa (26/1/2021) melaporkan penurunan penjualan kuartalan yang lebih besar dari perkiraan akibat lonjakan baru kasus virus korona di Amerika Serikat yang membuat pelanggan tetap di rumah.

Dilansir dari Reuters, Rabu (27/1/2021), Penjualan global rantai kopi terbesar di dunia turun 5% pada kuartal pertama, yang berakhir 27 Desember, lebih dari perkiraan analis penurunan 3,4%.

Penjualan sebanding turun 6% untuk wilayah Amerika, dibandingkan dengan penurunan 5,2% yang diharapkan oleh analis.

Tetapi di China, pasar pertumbuhan terbesar Starbucks, penjualan yang sebanding naik 5% karena perusahaan diuntungkan dari popularitas program penghargaan dan kembalinya kebiasaan konsumen sebelum virus korona.

Untuk kuartal kedua, Starbucks mengatakan mereka mengharapkan penjualan yang sebanding di AS naik antara 5% dan 10%, sementara di China mereka diperkirakan tumbuh hampir dua kali lipat setahun setelah pandemi melanda wilayah tersebut.

Perusahaan tidak mengubah pedoman rebound yang diharapkan secara keseluruhan tahun ini, dengan penjualan global yang sebanding diperkirakan akan naik 18% menjadi 23% pada tahun 2021.

Pendapatan bersih turun 5% menjadi $ 6,7 miliar, meleset dari ekspektasi $ 6,93 miliar.

Perusahaan yang berbasis di Seattle telah menutup beberapa toko, menambahkan drive-thrus ke yang lain, memperbaharui beberapa dengan kafe yang lebih kecil dan membangun beberapa tanpa tempat duduk sama sekali karena berfokus pada perluasan opsi to-go.

Secara keseluruhan, perusahaan membuka 278 gerai baru bersih di kuartal ini, untuk pertumbuhan 4% dari tahun ke tahun. Sekarang memiliki 32.938 toko di seluruh dunia, 51% di antaranya dioperasikan oleh perusahaan.

KEYWORD :

Starbucks Penurunan Penjualan China




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :