Kamis, 25/04/2024 05:50 WIB

Catatan Khusus Komisi III DPR untuk Pimpinan KY Terpilih

Kalangan dewan mengapresiasi terpilihnya Mukti Fajar Nur Dewata dan M Taufiq HZ menjadi Ketua dan Wakil Ketua Komisi Yudisial RI. 

Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi PDIP, Arteria Dahlan

Jakarta, Jurnas.com - Kalangan dewan mengapresiasi terpilihnya Mukti Fajar Nur Dewata dan M Taufiq HZ menjadi Ketua dan Wakil Ketua Komisi Yudisial RI. 

Anggota Komisi III DPR RI, Arteria Dahlan bahkan langsung memberikan sejumlah catatan khusus bagi kedua pimpinan KY terpilih. Keduanya diharapkan bisa melakukan pembenahan-pembenahan di internal KY.

“Baik dalam konteks kinerja, bahkan yang lebih ekstrem lagi adalah perspektif KY di dalam memahami UU dan ketentuan perundangan yang berlaku,” kata dia kepada Jurnas.com, Senin (18/1).

Pembenahan tata kelola organisasi dengan melaksanakan reorganisasi dan reformasi birokrasi juga perlu dilakukan. Kata Arteria, itu bertujuan meningkatkan layanan yang lebih baik kepada masyarakat.

“Diharapkan juga memiliki kesepahaman nilai dan sistem nilai dalam rangka menseleksi calon hakim agung yang layak untuk diusulkan dan dipilih oleh DPR,” lanjut politisi PDIP ini.

Komisi III, masih kata Arteria, juga berharap Mukti dan Taufiq bisa memperbaiki sistem seleksi. Dalam hal ini, memastikan agar tidak ada ruang barter kepentingan maupun perdagangan pengaruh dalam konteks seleksi calon-calon hakim agung.

Di sisi lain, pimpinan KY terpilih harus mampu memperbaiki komunikasi serta memperkuat sinergitas dengan lembaga-lembaga, utamanya Mahkamah Agung (MA), serta DPR RI. Hal itu penting guna menguatkan sistem peradilan yang lebih baik, kredibel dan terpercaya.

“Mereka juga harus mampu menjadi pemimpin yang baik. Pasca pemilihan segera dilakukan rekonsiliasi, memastikan seluruh pimpinan sampai ke pegawai dalam tingkatan terendah solid bergerak untuk mensukseskan kerja-kerja KY,” demikian Arteria.

Mukti dan Taufiq mendapatkan suara tertinggi dalam Pemilihan Pimpinan Komisi Yudisial RI di Jakarta, Senin (18/1). 

Diketahui, sebanyak tiga anggota KY bersedia untuk mengajukan diri sebagai calon ketua, yakni Amzulian Rifai, Joko Sasmito dan Mukti Fajar Nur Dewata. Mukti memperoleh empat suara, Amzulian tiga suara dan Joko nol suara. 

Kemudian untuk wakil ketua KY terdapat tiga orang yang bersedia yakni M. Taufiq, Joko Sasmito, dan Binziad Khadafi. 

Hasil dari penghitungan suara mengunggulkan Taufiq dengan empat suara, Binziad tiga suara dan Joko Sasmito nol suara. 

KEYWORD :

Komisi III DPR PDIP Arteria Dahlan Pimpinan KY Komisi Yudisial




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :