Sabtu, 20/04/2024 12:52 WIB

Distribusi Vaksin Pfrizer Tersendat, Vaksinasi UE Terancam

Pfizer awalnya mengatakan pengiriman berjalan sesuai jadwal, tetapi kemudian pada Jumat (15/1) mengumumkan akan ada dampak sementara pada pengiriman pada akhir Januari hingga awal Februari

Margaret Keenan berbicara dengan perawat May Parsons tidak lama sebelum menerima vaksin virus corona Pfizer / BioNTech di University Hospital, Coventry, Inggris, pada 8 Desember 2020.

Brussels, Jurnas.com - Pemerintah Eropa mengatakan kredibilitas program vaksinasi mereka terancam setelah perusahaan farmasi Amerika Serikat (AS) Pfizer mengumumkan perlambatan sementara pengiriman vaksin COVID-19.

Vaksin yang dikembangkan Pfizer dengan mitranya dari Jerman, BioNTech, mulai dikirimkan di UE pada akhir Desember, tetapi sekitar sembilan dari 27 pemerintah UE mengeluhkan dosis yang tidak mencukupi pada pertemuan minggu ini, kata seorang peserta.

Pfizer awalnya mengatakan pengiriman berjalan sesuai jadwal, tetapi kemudian pada Jumat (15/1) mengumumkan akan ada dampak sementara pada pengiriman pada akhir Januari hingga awal Februari yang disebabkan oleh perubahan pada proses manufaktur untuk meningkatkan produksi.

"Situasi ini tidak dapat diterima," kata menteri kesehatan dan sosial dari enam negara Uni Eropa dalam sebuah surat kepada komisi Uni Eropa tentang penundaan Pfizer.

"Tidak hanya berdampak pada jadwal vaksinasi yang direncanakan, tetapi juga menurunkan kredibilitas proses vaksinasi," kata para menteri dari Swedia, Denmark, Finlandia, Lituania, Latvia dan Estonia.

Jerman, pembeli terbesar Eropa untuk vaksin Pfizer, menyebut keputusan itu mengejutkan dan disesalkan, sementara Kanada mengatakan hal itu juga terpengaruh, karena pasokannya berasal dari pabrik Pfizer di Belgia.

Norwegia dan Lithuania sebelumnya mengatakan perusahaan itu mengurangi pasokan di seluruh Eropa. "Apa yang kami inginkan adalah agar Pfizer-BioNTech mengembalikan pengiriman mereka ke jadwal yang disepakati," kata menteri kesehatan Lithuania Arunas Dulkys kepada Reuters.

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen mengatakan Pfizer telah meyakinkannya bahwa pengiriman yang direncanakan ke UE pada kuartal pertama tidak akan ditunda.

Pfizer, yang mencoba memberikan jutaan dosis dengan kecepatan sangat tinggi untuk mengekang pandemi yang telah menewaskan hampir 2 juta orang, mengatakan perubahannya akan memberikan peningkatan dosis yang signifikan pada akhir Februari dan Maret.

Baik perusahaan maupun UE tidak menunjukkan berapa banyak dosis yang diharapkan pada kuartal pertama.

Sumber kedua UE mengatakan kepada Reuters bahwa dalam pertemuan internal UE lainnya dengan para diplomat pada Rabu, seorang pejabat Komisi UE mengatakan pengiriman akan dibatasi setidaknya hingga Maret, dengan produksi yang akan ditingkatkan hanya pada bulan September.

Pfizer dan BioNTech memiliki kontrak dengan UE untuk memasok hingga 600 juta dosis tahun ini. Mereka telah setuju untuk melepaskan 75 juta tembakan di kuartal kedua dan lebih banyak lagi di akhir tahun.

UE juga telah menyetujui vaksin yang dikembangkan oleh perusahaan biotek AS Moderna yang mulai dikirimkan minggu ini.

Moderna telah berkomitmen untuk memberikan 10 juta dosis pada akhir Maret dan 35 juta masing-masing pada kuartal kedua dan ketiga. 80 juta dosis lagi juga akan diberikan tahun ini tetapi belum ada jadwal yang jelas.

KEYWORD :

Uni Eropa Vaksin Pfrizer Tersendat Vaksinasi COVID-19




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :