Jum'at, 19/04/2024 09:38 WIB

Komite Darurat WHO akan Bertemu Bahas Varian Baru Virus Corona

Varian virus corona baru dari Afrika Selatan dan Inggris yang telah menyebar dengan cepat ke setidaknya 50 negara.

Logo Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) (Foto: Reuters)

Jenewa, Jurnas.com - Komite Darurat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akan akan bertemu dua minggu lebih awal pada Kamis (14/1) untuk membahas varian virus corona baru dari Afrika Selatan dan Inggris yang telah menyebar dengan cepat ke setidaknya 50 negara dan memicu kekhawatiran luas.

Dilansir dari AFP, Varian yang baru diidentifikasi, yang jauh lebih menular daripada jenis yang muncul di China pada 2019, datang ketika lonjakan jumlah virus memaksa banyak negara untuk memberlakukan penguncian baru.

Komite biasanya berkumpul setiap tiga bulan tetapi WHO mengatakan direktur jenderal menarik pertemuan ke depan untuk mempertimbangkan masalah yang membutuhkan diskusi mendesak.

"Ini adalah varian dan pertimbangan terbaru tentang penggunaan vaksinasi dan sertifikat pengujian untuk perjalanan internasional," kata badan global itu Rabu (13/1).

Ada kekhawatiran bahwa mutasi baru dapat membuat vaksin tertentu menjadi kurang efektif, merusak harapan bahwa inokulasi menawarkan harapan terbaik untuk pemulihan dari pandemi global.

Komite ahli diawasi Didier Houssin dari Prancis dan rekomendasinya akan dipublikasikan setelah pertemuan.

Pertemuan itu terjadi ketika infeksi global melonjak melewati 91 juta dan kematian mendekati 2 juta, dengan pemerintah di seluruh dunia memberlakukan kembali penguncian ekonomi yang menyakitkan dan pembatasan sosial.

Varian yang baru ditemukan hanya dapat diidentifikasi dengan mengurutkan kode genetiknya, sebuah analisis yang tidak mungkin dilakukan di semua tempat.

Mutasi ketiga, yang berasal dari Amazon Brasil dan yang penemuannya diumumkan Jepang pada Minggu, saat ini sedang dianalisis dan dapat memengaruhi respons kekebalan, menurut WHO.

KEYWORD :

Varian Baru Corona Badan Kesehatan Dunia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :