Jum'at, 19/04/2024 04:37 WIB

Sistem Kelistrikan Error, Pakistan Gelap Gulita

Warga Pakistan terkena pemadaman listrik besar-besaran mulai Sabtu (9/1) malam hingga Minggu (10/1). Akibatnya, negara tersebut gelap gulita.

Listrik di Pakistan mulai pulih bertahap pada Minggu (10/1) malam (Foto: Reuters)

Islamabad, Jurnas.com - Warga Pakistan terkena pemadaman listrik besar-besaran mulai Sabtu (9/1) malam hingga Minggu (10/1). Akibatnya, negara tersebut gelap gulita.

Dikutip dari BBC, Menteri Penerangan Pakistan, Omar Ayub Khan menulis di Twitter bahwa pemadaman serentak terjadi akibat adanya penurunan frekuensi secara tiba-tiba.

"Pemadaman listrik di seluruh negeri telah disebabkan oleh penurunan frekuensi secara tiba-tiba di sistem transmisi listrik," tulis menteri listrik Pakistan, Omar Ayub Khan, di Twitter pada Minggu dini hari.

Dia menambahkan, pemadaman serentak dilakukan setelah terjadi kesalahan di pembangkit listrik Guddu, Provinsi Sindh, sesaat sebelum Sabtu tengah malam. Penyelidik berada di lokasi untuk memastikan penyebab kesalahan tersebut.

Pada Minggu malam, listrik secara bertahap mulai dipulihkan. Di beberapa kota besar listrik sudah menyala kembali. Namun otoritas setempat mengingatkan bahwa masih perlu beberapa jam sebelum listrik pulih sepenuhnya.

Pemadaman listrik tidak jarang terjadi di Pakistan. Fasilitas penting seperti rumah sakit sering kali menggunakan generator berbahan bakar solar sebagai sumber tenaga cadangan.

Pemadaman listrik kadang-kadang terjadi di Pakistan karena kekurangan listrik kronis, dengan banyak daerah tidak mendapatkan listrik selama beberapa jam sehari. Masalah ini sebelumnya memicu protes di jalan.

Pada 2013, jaringan listrik Pakistan rusak total setelah pembangkit listrik di provinsi Balochistan barat daya mengalami kesalahan teknis.

KEYWORD :

Pakistan Mati Listrik Gelap Gulita




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :