Kamis, 25/04/2024 14:47 WIB

China Gratiskan Vaksin COVID-19 kepada Masyarakat Umum

China pada akhir Desember 2020 menyetujui vaksin pertamanya untuk penggunaan masyarakat umum.

Dokter merawat pasien yang terinfeksi virus corona di sebuah rumah sakit di Wuhan di provinsi Hubei tengah China. (Foto: AFP)

Beijing, Jurnas.com - Otoritas kesehatan China mengatakan, pemerintah akan memberikan vaksin virus corona (COVID-19) secara gratis begitu tersedia untuk masyarakat umum.

Pejabat Komisi Kesehatan Nasional China (NHC), Zheng Zhongwei mengatakan, sementara pembuatan dan pengangkutan vaksin membutuhkan biaya, pemerintah dapat memberikan vaksin secara gratis kepada individu.

"Orang-orang kami tidak perlu membayar satu sen pun untuk vaksin itu," kata Zheng dalam acara pers di Beijing pada Sabtu (9/1).

China pada akhir Desember 2020 menyetujui vaksin pertamanya untuk penggunaan masyarakat umum. Tiga vaksin telah diberikan kepada kelompok-kelompok terbatas yang berisiko tinggi terinfeksi, termasuk pekerja medis, melalui program penggunaan darurat.

Negara itu memperluas skema inokulasi pada pertengahan Desember ke lebih banyak kelompok kunci seperti karyawan di sektor makanan dan transportasi umum, dalam upaya membendung kebangkitan di musim dingin dan musim semi.

Wakil Menteri NHC, Zeng Yixin mengatakan, vaksinasi tersebut juga gratis untuk individu.

"Kami menemukan bahwa beberapa pemerintah daerah telah membebankan biaya individu, (dan) kami ... menuntut perbaikan segera," kata Zeng dalam pengarahan, menambahkan bahwa pemerintah daerah sejak itu telah menerapkan kebijakan vaksinasi gratis dengan benar.

Zeng mengatakan, China telah memberikan lebih dari 9 juta dosis vaksin COVID-19. Dari total itu, lebih dari 7 juta telah dikelola sejak pertengahan Desember.

KEYWORD :

vaksin covid-19 vaksin corona china




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :