Rabu, 24/04/2024 06:22 WIB

Satgas COVID-19 Imbau di Rumah Saja, Rumah Sakit Penuh

Masyarakat dihimbau untuk di rumah saja jika tak terlalu penting. Ini demi memutus penyebaran COVID-19.

Kepala BNPB sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Doni Monardo (Foto : Jurnas/Youtube BNPB)

Jakarta, Jurnas.com- Pemerintah terus menghimbau masyarakat luas agar mengurangi aktifitasnya diluar rumah guna menekan penyebaran Covid-19. Ini agar rumah sakit tak penuh dengan pasien Covid-19. Hal tersebut disampaikan Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo.

"Kita harus terus berupaya agar rumah sakit tidak penuh (dengan pasien Covid-19), bahkan tidak boleh penuh. Kalau penuh akan berdampak pada rasa khawatir terhadap masyarakat. Langkah jitu yang paling tepat adalah kita berusaha untuk membatasi kegiatan di luar rumah," kata Doni Monardo di, Graha BNPB, Jakarta, Kamis (7/1/2020).

Ia juga mengajak tokoh agama dan masyarakat tidak menciptakan kerumunan massa. Kegiatan yang menimbulkan kerumunan dan mengundang banyak orang, seperti penyelenggaraan pernikahan besar-besaran harus ditunda dan dihindari.

"Saya mengajak kepada semua pihak, terutama para tokoh-tokoh masyarakat yang masih melakukan berbagai aktivitas dengan mengumpulkan massa, terutama tokoh-tokoh agama. Saya mohon dengan segala rasa hormat untuk sementara waktu, kegiatan-kegiatan seperti ini dibatasi dulu," ajak Doni.

"Kita tentu tidak ingin terdampak penularan virus Corona, yang bisa menularkan kepada orang-orang terdekat di sekitar,” sambungnya.
Lebih lanjut, Doni menekankan, upaya membatasi kegiatan sekaligus menyelamatkan fasilitas kesehatan dari penuhnya pasien Covid-19. Agar tenaga kesehatan juga tidak makin berat menangani pasien.

"Sekali lagi, mari kita selamatkan fasilitas kesehatan. Jangan sampai dokter terbatas jumlah, sehingga berdampak risiko angka kematian tenaga kesehatan yang gugur bertambah," ajaknya.

"Mari kita bekerja sama sama-sama meningkatkan disiplin. Mengajak semua pihak, diri sendiri, orang sekitar, keluarga, dan siapa saja yang kita temui untuk patuh protokol kesehatan." Tandas Doni.

KEYWORD :

Satgas Covid-19 Doni Monardo Rumah Sakit




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :