Jum'at, 19/04/2024 19:32 WIB

Gedung Capitol Diserbu, Menteri Pendidikan dan Transportasi Trump Mengundurkan Diri

pemberontakan di Capitol Hill adalah titik perubahan baginya, sementara Chao mengatakan sangat terganggu oleh kekerasan tersebut.

Massa pendukung Donald Trump menyerbu Gedung Capitol Amerika Serikat. (Sumber Foto AFP/Roberto Schmidt)

Washington, Jurnas.com - Menteri Pendidikan Amerika Serikat (AS), Betsy DeVos dan Menteri Transportasi AS, Elaine Chao mengundurkan diri menyusul penyerbuan Capitol oleh pendukung Presiden Donald Trump.

Dilansir dari Yahoo, DeVos, yang pengunduran dirinya mulai berlaku pada Jumat (8/1), mengatakan pemberontakan di Capitol Hill adalah titik perubahan baginya, sementara Chao mengatakan sangat terganggu oleh kekerasan tersebut. Pengunduran diri Chao akan mulai berlaku pada Senin.

"Kami harus menyoroti dan merayakan banyak pencapaian pemerintahan Anda atas nama rakyat Amerika. Sebaliknya kita dibiarkan membersihkan kekacauan yang disebabkan oleh pengunjuk rasa yang kejam yang menguasai Capitol AS dalam upaya untuk merusak bisnis rakyat. Perilaku itu tidak masuk akal bagi negara kami. Tidak salah lagi dampak retorika Anda terhadap situasi, dan itu adalah titik perubahan bagi saya. Anak-anak yang mudah dipengaruhi menonton semua ini, dan mereka belajar dari kami,"  tulis DeVos dalam surat pengunduran dirinya kepada Presiden Trump pada hari Kamis (7/1)

Sebelumnya pada hari itu, Menteri Transportasi Chao juga mengumumkan pengunduran dirinya.

Dalam email kepada stafnya pada Kamis sore, Chao berkata, "Kemarin, negara kami mengalami peristiwa traumatis dan sepenuhnya dapat dihindari ketika para pendukung Presiden menyerbu gedung Capitol setelah rapat umum yang dia tujukan. Seperti yang saya yakin akan terjadi pada banyak dari Anda, hal itu sangat mengganggu saya dengan cara yang tidak dapat saya kesampingkan."

DeVos dan Chao bergabung dengan eksodus pejabat yang semakin meningkat di hari-hari terakhir pemerintahan Trump Sehari sebelumnya sejumlah staf senior Gedung Putih mengundurkan diri karena kekerasan Capitol Hill.

Mereka termasuk Wakil Penasihat Keamanan Nasional AS Matt Pottinger, kepala staf ibu negara Melania Trump Stephanie Grisham, Wakil Sekretaris Pers Gedung Putih Sarah Matthews, dan sekretaris sosial Gedung Putih Rickie Niceta.

Mick Mulvaney, utusan khusus AS untuk Irlandia Utara dan mantan penjabat kepala staf Gedung Putih, juga mengundurkan diri. "Saya tidak bisa tinggal di sini. Tidak setelah kemarin," katanya kepada berita CBS.

Di antara orang lain yang mengajukan pengunduran diri mereka pada hari Kamis adalah Tyler Goodspeed, penjabat ketua Dewan Penasihat Ekonomi Gedung Putih; dan John Costello, wakil asisten sekretaris untuk intelijen dan keamanan di Departemen Perdagangan.

KEYWORD :

Gedung Capitol Diserbu Amerika Serikat Donald Trump Betsy DeVos Elaine Chao




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :