Sabtu, 20/04/2024 17:11 WIB

Tok! Kongres AS Sahkan Kemenangan Joe Biden

Kongres Amerika Serikat (AS) akhirnya mengesahkan kemenangan Joe Biden sebagai presiden AS terpilih, meski di luar Kongres sempat diwarnai kericuhan oleh pendukung Donald Trump.

Presiden Amerika Serikat terpilih, Joe Biden (Foto: John Angelillo/UPI)

Washington, Jurnas.com - Kongres Amerika Serikat (AS) akhirnya mengesahkan kemenangan Joe Biden sebagai presiden AS terpilih, meski di luar Kongres sempat diwarnai kericuhan oleh pendukung Donald Trump.

Dikutip dari Reuters, Kongres secara resmi mengonfirmasi hasil pemilu 2020 pada Kamis (7/1) dini atau Kamis siang waktu setempat, yang merupakan langkah administratif terakhir sebelum Biden memasuki Gedung Putih pada akhir Januari.

Keputusan diambil beberapa jam setelah pendukung Trump menggeruduk Capitol, yang memaksa Kongres menunda proses sertifikasi. Para politisi sempat dievakuasi dan polisi menembakkan gas air mata.

Pasukan keamanan bersenjata juga mengamankan ruang DPR di tengah kekhawatiran politisi terhadap nyawa mereka.

Tak lama kemudian, para anggota Senat kembali ke ruang sidang untuk menyelesaikan penghitungan suara di bawah pengamanan ketat, setelah Ketua DPR Nancy Pelosi mengatakan mereka akan tinggal "selama dibutuhkan".

Wakil Presiden Mike Pence meminta Senat kembali ke sesi, menyebutnya sebagai "hari yang gelap".

KEYWORD :

Kongres AS Joe Biden Donald Trump Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :