Sabtu, 20/04/2024 08:55 WIB

PKB Senayan Maunya Pemerintah Ikut Prioritaskan Tokoh Agama

Kalangan dewan meminta pemerintah ikut memprioritaskan tokoh agama dalam program utama vaksinasi Covid-19.

Wakil Ketua Komisi XI dari F-PKB, Fathan Subchi

Jakarta, Jurnas.com - Kalangan dewan meminta pemerintah ikut memprioritaskan tokoh agama dalam program utama vaksinasi Covid-19. 

Bukan tanpa alasan, menurut Sekretaris Fraksi PKB DPR RI Fathan Subchi, hal itu penting karena tidak sedikit tokoh agama yang terpapar virus Corona seperti Syekh Ali Jaber dan Aa Gym. 

"Kami mendesak kepada pemerintah agar tokoh agama menjadi prioritas utama selain tenaga kesehatan (nakes) untuk segera mendapatkan imunisasi vaksin Covid-19," kata dia kepada wartawan, Selasa (5/1).

Tokoh agama, lanjut dia, merupakan salah satu sosok sentral dalam kehidupan masyarakat di Indonesia sehari-hari. Apalagi, mereka juga kerap bersosialisasi dengan masyarakat dalam acara keagaaman di tengah pandemi Covid-19.

"Pun dalam masa pandemi Covid-19, mereka tetap didatangi para tamu dan jemaah, meskipun secara formal ada pembatasan sosial. Di daerah-daerah masyarakat tetap berbondong-bondong ke rumah kiai, ustaz, atau pastor untuk sekadar silaturahmi atau bertanya solusi berbagai persoalan hidup mereka," jelasnya.

"Belum lagi Ketika para tokoh agama tersebut harus menghadiri undangan pengajian atau memberikan pelayanan yang memaksa mereka berada di kerumunan, meskipun memakai protokol kesehatan ketat," imbuh Fathan.

Kondisi tersebut, lanjut Fathan, membuat para tokoh agama rentan terpapar Covid-19. Menurut anggota DPR Dapil Jawa Tengah II itu, di kalangan Nahdlatul Ulama (NU) saja ada ratusan kiai yang positif Corona.

"Di kalangan kiai dan pengasuh pesantren lingkungan NU, selama satu tahun terakhir di tahun 2020, lebih dari 200 kiai yang wafat karena terjangkit virus Covid-19," sebutnya.

Karena itu, Fathan berharap agar para tokoh agama diprioritaskan untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19. Dia meminta pemerintah membuat terobosan untuk mencegah para tokoh agama terpapar Corona.

"Kami berharap agar para tokoh agama ini mendapatkan prioritas untuk mendapatkan vaksin Covid-19 bersama para tenaga kesehatan," demikian Wakil Ketua Komisi XI ini.

Seperti diketahui, memang tidak sedikit para tokoh agama di Indonesia yang terpapar Corona. Beberapa nama di antaranya Syekh Ali Jaber, Abdullah Gymnastiar (Aa Gym), Ketum PBNU Said Aqil Siroj, hingga Ustaz Yusuf Mansur.

KEYWORD :

PKB Komisi XI DPR Vaksin Covid-19 Tokoh Agama Fathan Subchi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :