Selasa, 23/04/2024 20:06 WIB

Dor, Jurnalis Afghanistan Ditembak Mati

Bismellah Adel Aimaq yang berusia 28 tahun pemimpin redaksi stasiun radio Sada-e-Ghor (Suara Ghor), tewas di dekat kota Firoz Koh, ibu kota Ghor, pada Jumat (1/1).

Ilustrasi baku tembak

Kabul, Jurnas.com - Seorang jurnalis Afghanistan ditembak mati dalam penyergapan mobil di provinsi tengah Ghor, profesional media kelima yang tewas di negara itu dalam dua bulan.

Bismellah Adel Aimaq yang berusia 28 tahun pemimpin redaksi stasiun radio Sada-e-Ghor (Suara Ghor), tewas di dekat kota Firoz Koh, ibu kota Ghor, pada Jumat (1/1).

Dilansir dari Reuters, hingga berita ini diturunkan belum ada kelompok militan yang mengaku bertanggung jawab atas pembunuhan itu.

"Sungguh disayangkan, Bismellah Adel Aimaq, kepala Radio Sada-e Ghor, dibunuh oleh orang bersenjata tak dikenal malam ini di Firoz Koh. Dia berusia 28 tahun, dan mulai bekerja dengan Radio Sada-e-Ghor sejak 2015," kata Wakil Gubernur Ghor, Habibollah Radmanesh pada Sabtu (2/1).

Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani mengutuk pembunuhan itu dan mengatakan pemerintahnya berkomitmen untuk mendukung dan mempromosikan kebebasan berekspresi.

"Taliban dan kelompok teroris lainnya tidak dapat membungkam suara sah jurnalis dan media dengan melakukan serangan semacam itu," katanya dalam sebuah tweet.

Seorang aktivis masyarakat sipil juga dibunuh pada Jumat oleh militan tak dikenal.

Pembunuhan yang ditargetkan terhadap jurnalis, pejabat pemerintah dan aktivis hak asasi manusia, telah meningkat pesat dalam beberapa bulan terakhir karena kekerasan meningkat di Afghanistan meskipun ada pembicaraan damai antara pemerintah dan Taliban.

Taliban menyatakan pada bulan Desember bahwa mereka tidak terlibat dalam pembunuhan profesional media

KEYWORD :

jurnalis pembunuhan jurnalis jurnalis Afghanistan Bismellah Adel Aimaq




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :