Kamis, 25/04/2024 00:41 WIB

Norwegia Cabut Larangan Terbang ke Inggris

Norwegia mencabut larangan terbang ke Inggris yang sebelumnya bertujuan untuk menghentikan penyebaran varian baru Covid-19.

Istana Buckingham di Inggris (Foto: AFP/TOBY MELVILLE POOL)

Oslo, Jurnas.com - Norwegia mencabut larangan terbang ke Inggris yang sebelumnya bertujuan untuk menghentikan penyebaran varian baru Covid-19.

Kementerian Kesehatan Norwegia mengatakan bahwa penerbangan ke dan dari Inggris diperbolehkan beroperasi mulai Sabtu (2/1) pukul 4 sore waktu setempat.

Larangan sebelumnya diberlakukan pada 21 Desember 2020, mengikuti jejak puluhan negara lain yang mengambil langkah serupa.

Norwegia memperkenalkan tes Covid-19 wajib bagi semua orang yang datang dari luar negeri mulai 2 Januari, langsung pada saat kedatangan atau hingga 24 jam setelahnya.

"Jika varian baru ini menyebar di Norwegia, itu berarti kami harus menerapkan penguncian penuh (lockdown)," kata Perdana Menteri Erna Solberg dikutip dari Sky News pada Jumat (1/1).

Varian baru Covid-19 pertama kali terdeteksi di tenggara Inggris, dan diketahui 70 persen lebih menular dari Covid-19 umumnya menurut para ilmuwan.

Saat ini kasus telah diidentifikasi di seluruh Eropa, ditambah Amerika Serikat, Australia, Kanada, India, dan Jepang.

Meskipun diperkirakan tidak lagi resisten terhadap vaksin, peningkatan penularan telah menyebabkan lonjakan pasien di rumah sakit.

KEYWORD :

Norwegia Larangan Penerbangan Covid-19 Varian Baru




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :