Rabu, 24/04/2024 20:06 WIB

Angela Merkel Sebut Jerman akan Hadapai Masa Sulit Hingga Tahun 2021

Merkel juga mengecam teori konspirasi yang diajukan oleh para skeptis virus sebagai tidak hanya salah dan berbahaya tapi juga sinis dan kejam terhadap mereka yang menderita selama pandemi.

Kanselir Jerman Angela Merkel akan mengundurkan diri sebagai pemimpin Uni Demokratik Kristen setelah partai itu mengalami kerugian besar pada hari Minggu

Berlin, Jurnas.com - Kanselir Jerman, Angela Merkel mengatakan, krisis virus corona (COVID-19) "bersejarah" Jerman akan berlanjut hingga 2021 bahkan jika vaksin itu membawa harapan.

Dilansir dari AFP, Merkel juga mengecam teori konspirasi yang diajukan oleh para skeptis virus sebagai tidak hanya salah dan berbahaya tapi juga sinis dan kejam terhadap mereka yang menderita selama pandemi.

"Hari-hari ini dan minggu-minggu ini adalah masa-masa sulit bagi negara kita. Dan itu akan bertahan untuk sementara waktu," kata Merkel dalam sambutan Tahun Baru pada Kamis (31/12).

Pada pidato Tahun Baru terakhirnya sebagai kanselir setelah empat masa jabatan, pesan Merkel secara khas tenang. "Musim dingin tetap sulit. Tantangan yang ditimbulkan pandemi tetap besar," ujarnya.

Merkel berterima kasih kepada sebagian besar warga Jerman yang telah mematuhi pembatasan keamanan yang diberlakukan oleh pihak berwenang untuk mencoba menekan penyebaran virus.

Sebaliknya, dia mengecam para skeptisme virus, yang banyak dari mereka melakukan protes ke jalan. Beberapa dari mereka mengabaikan langkah-langkah keamanan seperti memakai masker.

"Saya hanya bisa membayangkan kepahitan yang dirasakan mereka yang berduka atas orang yang dicintai karena COVID-19, atau mereka yang masih menderita akibatnya, ketika keberadaan virus itu diperdebatkan atau disangkal oleh beberapa orang," katanya.

"Teori konspirasi tidak hanya salah dan berbahaya, tapi juga sinis dan kejam terhadap orang-orang ini," tambahnya.

Namun demikian, masih ada harapan untuk tahun yang akan datang. "Untuk beberapa hari, harapan memiliki wajah baru: Orang pertama yang divaksinasi di panti jompo dan di antara petugas kesehatan," kata Merkel.

Dalam 15 tahun kekuasaannya, Merkel menambahkan, "Tidak pernah kami, meskipun ada kekhawatiran, begitu terburu-buru memasuki tahun baru."

Jerman, yang dipuji karena penanganan gelombang pertama, terpukul keras oleh gelombang kedua. Lebih dari 32.000 orang kini meninggal akibat virus di Jerman.

Kemudian pada Rabu (30/12) jumlah kematian harian melewati 1.000 untuk pertama kalinya, meskipun para pejabat mengatakan ini sebagian karena terlambatnya pelaporan angka-angka sebelumnya.

Negara ini diisolasi sebagian hingga 10 Januari, dengan sebagian besar toko tutup bersama dengan sekolah, restoran, fasilitas budaya dan rekreasi.

Perayaan Malam Tahun Baru akan diredam, dengan larangan penjualan kembang api dan pembatasan ketat pada jumlah orang yang dapat berkumpul di depan umum.

KEYWORD :

Jerman Angela Merkel Pandemi COVID-19 Tahun Baru




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :