Jum'at, 19/04/2024 04:01 WIB

Israel Bersama UEA Coba Tutup UNRWA

Israel dan Uni Emirat Arab (UEA) mencoba untuk menutup Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) karena badan tersebut terus menghadapi krisis keuangan 

Anak-anak sekolah Palestina mengangkat bendera PBB selama protes di sekolah Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB (UNRWA) di kamp pengungsi Arroub dekat kota al- Khalil di Tepi Barat yang diduduki. (Foto: AFP)

Jakarta, Jurnas.com - Israel dan Uni Emirat Arab (UEA) mencoba untuk menutup Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) karena badan tersebut terus menghadapi krisis keuangan tahun-ke-tahun yang belum pernah terjadi sebelumnya.

UNRWA dibentuk pada tahun 1949 untuk memberikan bantuan dan perlindungan bagi para pengungsi Palestina yang dipaksa keluar dari rumah mereka sebelum berdirinya negara Israel.

Organisasi tersebut saat ini menawarkan layanannya kepada sekitar 5,3 juta pengungsi Palestina di wilayah pendudukan, Yordania, Lebanon, dan Suriah.

Di Gaza , pengungsi telah menjadi sasaran pengepungan yang melumpuhkan Israel selama 13 tahun , sementara di Suriah, 91 persen rumah tangga pengungsi Palestina dikatakan hidup dalam kemiskinan absolut akibat perang saudara yang sedang berlangsung.

Di Lebanon, lebih dari 89 persen pengungsi Palestina yang mengungsi dari Suriah sangat membutuhkan bantuan kemanusiaan yang berkelanjutan.

Dilansir Middleeast, Rabu (30/12), proses ini telah berlangsung sejak Israel dan UEA mengumumkan bahwa hubungan kedua negara akan dinormalisasi pada Agustus.

Laporan menjelaskan bahwa Abu Dhabi akan memenuhi permintaan lama dari Israel, yang bersikeras bahwa badan tersebut menghalangi perdamaian dengan memelihara pengungsi dalam mimpi untuk kembali ke tanah tempat orang tua mereka diusir pada tahun 1948.

Ini terlepas dari UEA telah menjadi penyandang dana utama UNRWA pada 2018 dan 2019, bersama dengan Qatar dan Arab Saudi, untuk mengimbangi penghentian dana Presiden AS Donald Trump ke badan tersebut pada tahun 2018, yang membawanya ke ambang kebangkrutan.

KEYWORD :

Uni Emirat Arab Badan UNRWA Pemerintah Israel




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :