Kamis, 25/04/2024 22:29 WIB

RI akan Kedatangan Vaksin Racikan Pfizer dan AstraZeneca Awal Tahun

Pekerja medis akan diikutsertakan dalam gelombang pertama vaksinasi antara Januari dan April, bersama dengan pegawai negeri. Gelombang kedua akan mencakup mereka yang berada di area zona merah infeksi.

Menteri Kesehatan terpilih, Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin mengatakan, sedang menyelesaikan kesepakatan untuk mendapatkan 50 juta dosis vaksin virus corona (COVID-19) racikan Pfizer dan AstraZeneca.

Budi mengatakan, kesepakatan dengan AstraZeneca akan diselesaikan sebelum akhir tahun, sementara kesepakatan dengan Pfizer akan ditandatangani pada minggu pertama Januari 2021.

Lebih lanjut dia mengatakan, 1,3 juta petugas kesehatan garis depan akan mendapatkan prioritas dalam upaya vaksinasi. Sekitar 500 petugas kesehatan telah meninggal karena COVID-19.

"Mereka adalah kelompok orang terpenting dalam pertempuran kami melawan pandemi," kata Budi  pada konferensi pers resmi pertamanya di Jakarta, Selasa (29/12).

Pekerja medis akan diikutsertakan dalam gelombang pertama vaksinasi antara Januari dan April, bersama dengan pegawai negeri. Gelombang kedua akan mencakup mereka yang berada di area zona merah infeksi.

Sementara negara-negara lain telah memvaksinasi lansia terlebih dahulu, Indonesia mengatakan, setelah petugas kesehatan dan pegawai negeri, mereka yang berusia antara 18 dan 59 akan menjadi yang berikutnya dalam upaya untuk melindungi populasi pekerja.

Sekretaris Perusahaan Produsen Obat Negara Bio Farma, Bambang Heriyanto mengatakan strategi tersebut akan memungkinkan Indonesia mencapai kekebalan kawanan.

"Jika kekebalan kelompok tercapai, siapa pun yang berusia di bawah 18 tahun ke atas 59 tahun semoga bisa terlindungi juga," katanya.

Secara total, Indonesia telah mendapatkan 329 juta dosis vaksin, termasuk sekitar 125 juta dari Sinovac China, 50 juta dari Novavax, dan 54 juta dari program vaksin global COVAX.

Vaksin AstraZeneca diharapkan tiba pada kuartal kedua 2021 dan Pfizer pada kuartal ketiga.

KEYWORD :

Vakin Racikan Pfizer AstraZeneca Budi Gunadi Sadikin




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :