Sabtu, 20/04/2024 17:45 WIB

Pangeran Vajiralongkorn

Kembalinya Sang Don Juan

Tak seperti ayahnya, Vajiralongkorn digambarkan sebagai seorang lelaki playboy dan penuh skandal.

Pangeran Vajiralongkorn, pewaris tahta./foto:ibtimes

1972. Usia Vajiralongkorn masih 20 tahun saat ayahnya, Raja Bhumibol Adulyadej, memberinya gelar Somdech Phra Boroma Orasadhiraj Chao Fah Maha Vajiralongkorn Sayam Makutrajakuman. Sebuah tanda bahwa ia pewaris tahta.

Pada Rabu, dua belas Oktober, dari kediamannya di Jerman, Vajiralongkorn harus kembali ke Bangkok menyusul menurunnya kesehatan Raja Bhumibol. Sebagian rakyat Thailand, yang lebih menyukai Putri Maha Chakri Sirindorn, boleh khawatir. Usai berita wafat Raja Bhumibol diumumkan pada tiga belas Oktober lalu, Vajiralongkorn adalah penerus yang sah.

"Pemerintah akan memberi tahu Dewan Legislatif Nasional bahwa Yang Mulia Raja telah menunjuk penerusnya pada 28 Desember 1972," kata Perdana Menteri Thailand, Prayuth Chan-ocha, dalam melalui siaran televisi.

Tak seperti ayahnya, Vajiralongkorn digambarkan sebagai seorang lelaki playboy dan penuh skandal. Dua tahun lalu, sebuah artikel pada laman thedailybeast mendeskripsikannya sebagai putra mahkota Thailand yang tersinggung, menampakkan arogansi dan cara-cara vulgar.

"Hubungannya dengan perempuan sangat banyak, kompleks, dan sangat melukai masyarakat," tulis Lewis Simon dalam artikelnya The Playboy Prince of Thailand.

Ketika menikah dengan istri pertamanya, dimana ia memiliki seorang anak perempuan pada 1978, Vajiralongkorn juga memiliki lima anak dengan pacarnya, yang seorang artis. Setelah bercerai dengan istri pertamanya, ia pun menikahi pacarnya pada tahun 1984. Namun pernikahan itu hanya bertahan 12 tahun, sejak diketahui sang artis terlibat affair hingga diusir dan lari ke Inggris.

Pada tahun 2001 Vajiralongkorn menikah lagi yang memerlukan banyak waktu untuk diketahui publik. Istrinya yang sekarang, Putri Srirasmi, adalah sebuah skandal yang lain. Seperti biasa, Srirasmi sebelumnya bekerja sebagai staffnya yang kemudian "menunggunya" sebelum mereka menikah. Namun, begitu banyak rumor soal skandal sang pangeran dengan para perempuan.

“Putraku memang agak menyerupai Don Juan…. Dia anak yang baik, murid yang baik, dan perempuan-perempuan menyukainya dan dia menganggap perempuan lebih menarik lagi,” Ratu Sirikit, seperti dikutip Straits Times, menggambarkan putranya, Vajiralongkorn.

Namun, sang Don Juan itu telah kembali. Sejak kedatangannya dari Jerman, tempat dimana sang pangeran tinggal selama ini, mayoritas publik yang diam itu meragukan langkah-langkah Vajiralongkorn mampu memimpin kerajaan terkaya di Asia itu. Kecakapannya dalam politik tidak teruji, terutama sekali tentang adanya rumor yang beredar bahwa kudeta dan insiden politik sebelumnya melibatkan sang pangeran.[]

KEYWORD :

vajiralongkorn bhumibol adulyadej




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :